Tradisi Seserahan Pernikahan: Makna Simbolis Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral yang dirayakan oleh berbagai budaya di seluruh dunia. Di Indonesia, salah satu tradisi yang tak lekang oleh waktu adalah tradisi seserahan pernikahan. Seserahan pernikahan merupakan simbol dari kesepakatan kedua belah pihak untuk saling mendukung dan menghargai dalam membangun rumah tangga yang bahagia. Dalam artikel ini, kita akan mengupas lebih dalam tentang makna simbolis di balik tradisi seserahan pernikahan.

Asal Usul Tradisi Seserahan

Tradisi seserahan pernikahan telah ada sejak zaman dahulu kala dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari prosesi pernikahan di Indonesia. Asal usulnya bervariasi di setiap daerah, namun inti dari tradisi ini tetap sama, yaitu sebagai simbol persetujuan dan komitmen kedua belah pihak untuk saling menghargai dan membantu satu sama lain.

Makna Simbolis di Balik Seserahan Pernikahan

1. Simbol Kekuatan Hubungan

Seserahan pernikahan mengandung makna simbolis tentang kekuatan hubungan antara kedua belah pihak. Setiap item yang diserahkan melambangkan harapan akan keberlangsungan hubungan yang kokoh dan harmonis.

2. Simbol Keharmonisan Rumah Tangga

Setiap elemen dalam seserahan memiliki makna mendalam yang menggambarkan keharmonisan rumah tangga yang diidamkan. Misalnya, beras yang melambangkan kesuburan dan kekayaan, serta sirih dan pinang yang melambangkan kerukunan dan keakraban.

3. Simbol Kehormatan dan Penghargaan

Prosesi pemberian seserahan juga merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap keluarga dari kedua belah pihak. Hal ini mencerminkan adanya rasa hormat dan kesopanan dalam menjalin hubungan antar keluarga.

4. Simbol Keterbukaan dan Kepercayaan

Tradisi seserahan juga mencerminkan keterbukaan dan kepercayaan antara kedua belah pihak. Dengan saling memberikan seserahan, keduanya menunjukkan bahwa mereka siap untuk berbagi segala hal dalam kehidupan bersama.

Pentingnya Melestarikan Tradisi Seserahan

Melestarikan tradisi seserahan pernikahan memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai bagian dari upacara pernikahan, tetapi juga sebagai warisan budaya yang berharga. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk mempertahankan tradisi ini:

1. Menghormati Budaya dan Tradisi Lokal

Melestarikan tradisi seserahan berarti juga menghormati budaya dan tradisi lokal yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Hal ini penting untuk mempertahankan identitas budaya bangsa dan mencegah terjadinya pengikisan budaya asli.

2. Membangun Keharmonisan Keluarga

Tradisi seserahan juga membantu memperkuat hubungan antar keluarga yang akan menjadi satu melalui pernikahan. Dengan melibatkan keluarga dari kedua belah pihak dalam prosesi ini, diharapkan dapat mempererat ikatan kekeluargaan.

3. Menjaga Nilai-Nilai Kebersamaan

Melalui prosesi pemberian seserahan pernikahan, pasangan calon pengantin juga diajarkan untuk saling berbagi dan bekerja sama dalam membangun rumah tangga. Hal ini menciptakan fondasi yang kuat untuk kebersamaan dan kerjasama di dalam pernikahan.

Tradisi seserahan pernikahan bukan hanya sekadar serangkaian pemberian barang, tetapi juga mengandung makna simbolis yang mendalam tentang komitmen, keharmonisan, dan kebersamaan dalam membangun rumah tangga yang bahagia. Melestarikan tradisi ini penting untuk mempertahankan warisan budaya dan memperkuat hubungan antar keluarga. Dengan demikian, mari kita jaga dan lestarikan tradisi seserahan agar dapat terus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pernikahan di Indonesia.

Jika Anda mencari perhiasan yang sempurna untuk menghiasi momen istimewa pernikahan Anda, kunjungi Frank & co. untuk koleksi perhiasan yang elegan dan berkualitas tinggi.

Tentukan momen indah Anda dengan cincin pernikahan Frank & co. yang timeless dan indah