Porsche meluncurkan corak retro untuk 911 Dakar

Meskipun Porsche 911 Dakar dinamai mungkin dari reli paling terkenal yang pernah ada – dan tentu saja salah satu kemenangan motorsport Porsche yang paling terkenal – 911 sedang dipacu dari jalur yang dipukuli tidak lama setelah produksi dimulai. Kembali ke tahun 70-an, sebenarnya, ada perampokan ke Reli Safari Afrika Timur (versi klasik tempat Tuthill balapan), sebuah era yang sekarang dirayakan dengan set stiker baru untuk 992 Dakar.

1971, 1974, dan 1978 adalah tahun-tahun yang diulang di sini. Mobil nomor 19 dimaksudkan untuk membangkitkan aksi unjuk rasa sebelumnya; Rallye 1971 adalah mobil tanpa garis di bagian samping, mobil dengan itu adalah Rallye 1974. Rallye 1978 tentunya yang paling dikenal dari semuanya, dengan penghormatan Martini yang jelas.

Jika tampilan tahun 1971 tampak seperti livery reli yang sederhana, maka itulah intinya. Ini adalah pertama kalinya Porsche mengikuti Reli Safari Afrika Timur, bersaing dengan Porsche 911 S, dan tidak ada yang ingin melakukan apa pun untuk pertama kalinya dengan tampilan yang menarik perhatian dan kemudian tampil buruk. Itu hanya memalukan. Tetapi untuk sebuah mobil yang tidak benar-benar dirancang untuk tahan terhadap kekerasan sejauh 5.000 km di seluruh Kenya, 911 memberikan penilaian yang baik tentang dirinya sendiri; mobil nomor 19 ini berada di urutan kelima di tangan Sobieslaw Zasada dan Marian Bien. Mereka yang menginginkannya untuk Dakar baru mereka akan dimintai €4,165.

Acara tahun 1974 itu brutal, bahkan menurut standar Reli Safari Afrika Timur, dengan hanya 16 finisher dari 99 peserta. Salah satunya adalah Bjorn Waldegard dan Hans Thorszelius di 2,7 RS; mereka akan menang, memulai bagian terakhir reli dengan keunggulan 36 menit. Tapi wishbone yang rusak memakan biaya lebih dari satu jam, jadi tempat kedua sudah cukup. Set stiker baru menghidupkan kembali warna putih dengan garis-garis biru muda dan biru tua yang terlihat pada livery Kuhne & Nagel asli, dan tersedia juga seharga €4.165.

Waldegard kembali pada tahun 1978, kali ini dengan Grup 4 911 SC yang dibuat khusus untuk Afrika. Namun, mobilnya yang berseragam Martini terguncang dan terguncang (maaf) selama reli, dengan begitu banyak kerusakan – termasuk poros penggerak, peredam, dan wishbones – sehingga dia hanya bisa finis keempat. Oleh karena itu, set stiker Rallye 1978 memberikan penghormatan kepada mobil nomor 14 kedua Vic Preston Jr. dan John Lyall. Bungkus ini berharga € 5.950.

Semua balutan dekoratif bersejarah untuk 911 Dakar dapat dipesan sekarang melalui Porsche Exclusive Manufaktur. Konten dengan ’71 atau ’74 dapat membelinya di Porsche Center sebagai bagian dari jajaran Porsche Tequipment. Mudah-mudahan dengan semacam kontrak yang mengatakan Porsche 911 ditempel seperti mobil reli harus dikendarai seperti itu – tolong jangan sembunyikan ini di gudang.

Tinggalkan komentar