MG XPower SV-R | Tutul

Ini tahun 2002. Saya berdiri di area penonton yang membelok di dekat kompleks Campbell/Cobb di Thurxton dan saya benar-benar terpaku oleh MG ZT hitam dan hijau yang berputar-putar di suatu tempat di bagian tengah. Meskipun tidak terlalu cepat – meskipun memiliki jagoan mobil touring Anthony Reid dan Warren Hughes di kemudi – saya terpikat pada merek XPower MG yang masih muda dan tidak sabar untuk melihat apa yang dilakukan oleh tearaway kinerja Inggris yang menarik ini.

Tidak banyak, ternyata. Jelas merupakan latihan pemasaran yang brilian (saya yakin saya bukan satu-satunya yang meraup semua tat kembali pada hari itu), tetapi XPower tidak pernah menjadi setara Inggris dari AMG atau M yang saya berusia sembilan tahun berharap itu akan terjadi. Sejujurnya, itu memang merilis beberapa konsep yang benar-benar gila di sepanjang jalan, seperti varian 500hp dari TF dan ZT, tetapi satu-satunya penawaran yang berhasil masuk ke ruang pamer adalah versi pemanasan dari hatchback dan saloon MG. Oh, dan tentu saja, mobil yang kita miliki di sini.

Mengatakan bahwa SV adalah proyek dipesan lebih dahulu XPower pertama yang diluncurkan akan sedikit berlebihan. Idenya muncul setelah MG Rover mengakuisisi produsen mobil butik Italia Qvale, yang telah mengembangkan roadster Mangusta – yang awalnya bermerek De Tomaso. Menyadari bahwa itu akan menjadi basis yang bagus untuk mobil performa, dan sudah dihomologasikan untuk digunakan di AS, MG mulai membangun sebuah konsep – X80. Rupanya, gaya itu dianggap terlalu bersahaja (baca: mengerikan) pada saat itu, jadi desainer McLaren F1 Peter Stevens dipanggil untuk menciptakan tampilan yang kita semua tahu dan, bagi sebagian orang, suka.

Tidak dapat disangkal bahwa ini terlihat sangat berbeda dengan apa pun yang datang sebelum atau sesudahnya, tampaknya menggabungkan elemen tuner, eksotis, dan mobil otot ke dalam satu paket. Dan meskipun terlihat sedikit, erm, aftermarket, ini bukan fenomena fiberglass yang dibangun di sudut belakang pabrik MG Rover. Tidak, bodywork SV terbuat dari serat karbon di beberapa tempat, aluminium di tempat lain, meskipun itu bukan kelas bulu dengan berat 1,5 ton. Namun, itu menandai beberapa kotak yang seharusnya dimiliki oleh supercar eksotis.

Hal-hal menjadi sedikit lebih rumit di bagian depan mesin. Awalnya, ada rencana untuk menawarkan SV sebagai paket 1.000hp lengkap dengan kit nitrous (bagaimanapun juga, ini adalah puncak era Fast and Furious), yang akhirnya terbukti menjadi sampah. Sebaliknya, SV asli ditenagai oleh V8 4.6 liter yang bersumber dari Ford yang menghasilkan 320hp, meskipun mobil yang kami miliki di sini adalah SV-R yang lebih bertenaga. Itu datang dengan V8 5.0 liter yang disetel Roush, meningkatkan output menjadi 385hp resmi – meskipun diduga menghasilkan lebih dekat ke 410hp. Sulit untuk melihat bagaimana 1.000hp bisa datang dari salah satu mesin tersebut, tapi itu masih merupakan lompatan besar di atas jajaran MG Rover lainnya.

Seperti harganya, yang dimulai sekitar £83.000 (atau £120.000 dalam uang hari ini). Tentu, mereka memiliki reputasi sebagai sedikit binatang buas, tetapi tidak sulit untuk melihat mengapa buku pesanan meledak, menghasilkan produksi hanya 82 contoh. Ini adalah salah satu dari hanya 42 varian SV-R, dibuat lebih langka dengan menjadi satu-satunya mobil yang selesai di Grigio Titanium. Itu dijual pada tahun 2004 seharga £ 93.000, yang pasti merupakan penjualan yang sulit pada zamannya, tetapi dengan label harga £ 61.995 hari ini, SV-R memiliki daya pikat tertentu tentangnya. Benar?

SPESIFIKASI | MG XPOWER SV-R

Mesin: 4.997cc V8
Penularan: Manual 5 kecepatan, penggerak roda belakang
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected],800-5,600rpm
MPG: T/A
CO2: T/A
Tahun terdaftar: 2004
Jarak tempuh yang tercatat: 9.464
Harga baru: £93.000
Milik Anda untuk: £61,995

Tinggalkan komentar