Mercedes SL65 AMG | Tutul

Seperti apa tampilan mobil performa V12 yang sempurna bagi Anda? Bagi banyak dari kita, itu mungkin akan memiliki garis merah setinggi langit, nada knalpot yang melengking yang akan membuat dinding terowongan bergetar, dan mungkin itu adalah bahasa Italia. Alasannya adalah, selain dari Purosangue dan tongkang mewah yang aneh, supercar yang berteriak adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan mesin dua belas silinder saat ini.

Bukannya aku mengeluh. Semakin banyak supercar yang membuat lagu dan tarian tentang apa yang mereka kemas di bawah, eh, penutup mesin, semakin baik. Tapi Mercedes SL65 AMG ini menarik perhatian karena mengingatkan kembali ke masa lalu, di mana tenaga V12 tidak selalu membutuhkan pelindung telinga. Tentu, mesin dua belas silinder telah menjadi bahan pokok tongkang andalan Bentley dan Rolls-Royce, tetapi SL65 bahkan lebih berani tentang kekerasan. Itu bisa menyapu lantai dengan sebagian besar supercar di masanya dengan menekan tombol kickdown – namun masih berjongkok dan memainkan grand tourer yang mudah di ledakan Calais ke Nice.

Angka-angka yang dihasilkan oleh M275 twin-turbo V12 yang sebagian besar dibuat dengan tangan benar-benar menggelikan ketika SL65 diluncurkan pada tahun 2004, dan masih dapat membuat sebagian besar supercar kehilangan uang mereka hari ini. Mesin 6.0 liternya mengembangkan torsi 612hp dan 738lb ft, yang terakhir menjadi rekor baru untuk mobil produksi pada saat itu. Itu, tentu saja, semua disalurkan melalui konverter torsi lima kecepatan sebelum mencapai roda belakang, ditambah gumpalan kontrol traksi yang besar dan kuat untuk menghentikan benda itu menyala ketika turbo masuk. Bahkan dengan itu, SL65 berada di bawah api dari beberapa kritik untuk bagian belakangnya yang hidup, yang luar biasa mengingat bagaimana sistem kontrol traksi awal yang dapat mengasuh.

Kecepatannya luar biasa, dengan kecepatan 60 mph hanya dalam 3,6 detik (dengan asumsi Anda pindah ke mana saja) meledakkan hampir semua yang ada di empat roda pada saat itu. Dan sementara SL65 adalah mobil GT yang dirapikan, AMG masih berupaya memasang peredam yang lebih kaku dan perbedaan selip terbatas mekanis. Sistem Kontrol Tubuh Aktif Mercedes ada di dalamnya untuk membantu menyembunyikan massa 2,1 ton andalannya, meskipun sebenarnya Anda mungkin sebaiknya membiarkan semuanya dalam pengaturan paling lembut dan membiarkan nada knalpot yang menggelegar yang berbicara.

Pada akhirnya, SL65 adalah puncak dari mobil performa serba guna yang mengesankan – dan bahkan jika Mercedes mengalami kesulitan menemukan pembeli yang bersedia membayar harga permintaannya yang besar, itu adalah bukti dari usia yang sangat berbeda. Kedengarannya luar biasa, tampak bagian dengan velg multi-bagian dan memiliki semua kenyamanan yang mungkin Anda inginkan dari mobil GT mewah. Semua mengatakan, kurang dari 100 contoh berhasil melintasi saluran, tetapi fakta bahwa sekitar 60 persen dari mereka masih dalam perjalanan menunjukkan bahwa lebih dari beberapa dihargai.

Tentu saja, kelangkaan komparatif membuat menemukan contoh jarak tempuh rendah yang bersih berpotensi rumit, tetapi ini tampaknya hanya tiketnya. R230 SL tidak dikenal sepenuhnya bebas masalah, tetapi riwayat servis lengkap Mercedes dan jarak tempuh 61.000 mil yang sederhana menunjukkan bahwa contoh ini telah dirawat dengan baik. Semua untuk tamparan paha £ 41.990. Atau, dengan kata lain, diskon sekitar £100.000 dari harga awal yang diminta. Tak perlu dikatakan bahwa kita tidak akan pernah melihat mobil seperti itu lagi; sekarang adalah kesempatan Anda untuk melihat dekade ini dengan pembacaan MPG satu digit yang memenuhi syarat sebagai pahlawan.

SPESIFIKASI | MERCEDES SL65 AMG

Mesin: 5.980cc V12, twin-turbo
Penularan: Otomatis 5 kecepatan, penggerak roda belakang
Tenaga (hp): [email protected]
Torsi (lb·ft): [email protected]
MPG: 18
CO2: 362g/km
Tahun terdaftar: 2004
Jarak tempuh yang tercatat: 61.000
Harga baru: £143.000
Milik Anda untuk: £41.990

Tinggalkan komentar