Ferrari 250 GT Lusso unik untuk dijual

Supercar dipesan lebih dahulu atau sangat terbatas telah menikmati kebangkitan akhir-akhir ini. Atau kita tahu lebih banyak tentang komisi khusus ini daripada sebelumnya, setidaknya. Pikirkan Rolls-Royce Boat Tail, Ferrari SP48 Unica dan BR20, Pagani Huayra Codalunga dan Aston Martin Victor, hanya sebagai permulaan. Sangat mudah untuk memahami popularitasnya: pelanggan mendapatkan sesuatu yang tidak pernah dimiliki (atau akan pernah dimiliki oleh pembeli lain), dan produsen dapat menutup biaya pengembangan (dan sedikit lebih banyak lagi) dengan harga yang diminta jutaan pound untuk visi satu penggemar.

Tentu saja, bodi baru dengan fondasi yang sudah dikenal bukanlah hal baru di dunia mobil; perbedaan di abad ke-21 adalah bahwa modifikasi dilakukan di dalam perusahaan daripada oleh coachbuilder eksternal. Sangat mudah untuk melupakan sekarang, beberapa dekade setelah masa kejayaannya, berapa banyak dari spesialis ini yang ada. Itu berarti segala macam kreasi aneh dan indah dibangun selama bertahun-tahun.

Sifat dasar dari kerajinan ini berarti segala sesuatu yang dibuat oleh perajin otomotif adalah istimewa, tetapi klasik coachbuilt benar-benar tidak jauh lebih luar biasa dari ini. Ini adalah Ferrari 250 GT Lusso tahun 1963 yang dibuat oleh Fantuzzi. Lusso 250 GT ke-16 yang diproduksi, mobil ini digambarkan oleh GTO Engineering – sekarang menjual Ferrari setelah merawatnya sejak 2012 – sebagai ‘tidak ada contohnya’. Ini adalah Ferrari 250 satu kali, tanpa yang lain seperti itu di dunia.

Seperti yang sering terjadi pada eksotika klasik, sasis 4383GT telah hidup cukup lama. Awalnya 250GT Lusso abu-abu, pertama kali dimiliki oleh Luciano Pederzani; dia menjalankan Tecno, sebuah perusahaan yang membuat mobil F2 dan F3, bersama saudaranya Gianfranco. Tubuh mobil balap mereka dirancang oleh Medardo Fantuzzi, dan pada tahun 1965 Ferrari diserahkan untuk tampilan baru yang belum pernah dilihat (dan tidak akan pernah diulang). Idenya adalah untuk menciptakan desain yang lebih aerodinamis untuk 250, sehingga faired di lampu dan hidung lebih tajam dari standar.

Namun, untuk alasan apa pun – mungkin Pederzani tidak menyukai hasilnya? – Ferrari dijual ke Venezuela pada tahun 1966. Dari sana ia melakukan perjalanan ke mana-mana, termasuk New York dan Honolulu, yang telah didokumentasikan oleh pemilik sebelumnya dalam pencarian sejarah sebanyak mungkin selama tiga tahun. Cukuplah untuk mengatakan bahwa ceritanya sama menariknya dengan mobilnya.

Setelah direstorasi secara menyeluruh pada tahun 2011 – ketika Grigio Metallizzato menjadi Rosso Corsa – Ferrari telah bergabung dengan GTO Engineering sejak akhir 2012. Pada saat itu, telah ditingkatkan dengan beberapa bagian agar lebih dapat digunakan – sabuk pengaman, kaca spion, tali bagasi – dan tetap siap dan bersemangat untuk pergi. ‘Melayani, memindahkan, merawat mobil seolah-olah itu milik GTO Engineering’, demikian bunyi iklan tersebut. Jelas itu terlihat lebih baik daripada sempurna; mungkin sayang cat aslinya tidak dapat dipertahankan, meskipun tidak diragukan lagi itu adalah Ferrari Colombo V12 yang diawetkan dengan memukau. Dan, merah atau lainnya, tidak akan cukup.

Tak perlu dikatakan, peluang seperti ini tidak sering muncul. Pada satu titik dalam hidupnya, 250 ini menghabiskan seperempat abad dalam penyimpanan, dan tidak mengherankan jika dia disimpan satu lagi; mengendarai Ferrari senilai tujuh angka seharusnya brilian, tetapi mungkin juga cukup melelahkan. Namun demikian, itu memenuhi syarat untuk semua jenis acara concours dan dikatakan ‘sangat dapat digunakan’ di jalan. Sayang sekali mobil Fantuzzi tidak keluar sesekali, karena ini benar-benar Ferrari yang spektakuler – tidak akan melihat yang lain di halaman mana pun Anda berakhir, baikā€¦

Tinggalkan komentar