Edisi khusus Toyota GR Yaris terungkap di Tokyo

Untuk semua kesuksesan panggung-ke-jalanan yang dapat diklaim Toyota dengan sesuatu yang disebut GR Yaris yang memenangkan kejuaraan dan tes perbandingan, mobil Rally1 saat ini sangat liar sehingga hanya ada sedikit perbedaan nyata antara mobil jalan raya dan mobil reli. Itu akan berubah dengan mobil reli baru dari Toyota, konsep GR Yaris Rally2 ditampilkan untuk pertama kalinya di acara Tokyo akhir pekan ini.

Rally2 menampilkan mobil non-hybrid yang tidak terlalu ekstrem, dengan pabrikan seperti Skoda, Ford, Citroen, dan Hyundai sudah membangun pembalap yang memenuhi syarat untuk tim pelanggan. Toyota sekarang akan bergabung dengan barisan dengan GR Yaris Rally2; seperti semua pendatang sebelumnya, ia harus menggunakan blok dan kepala silinder ‘berdasarkan yang ada di mobil jalan raya standar’, meskipun Yaris akan unik karena memiliki tiga silinder daripada empat. Tenaga untuk mobil Rally2 sekitar 285hp, atau hanya sekitar 25hp lebih dari standar. Bahkan bobot minimum 1.230kg tidak jauh dari mobil jalanan; pilihlah Circuit Pack Yaris dan Anda akan memiliki perbedaan mekanis depan dan belakang seperti mobil Rally2 juga‚Ķ

Tentu saja, sekali melihat mobil reli ini akan memberi tahu Anda di mana letak perbedaannya, dengan paket aero yang jauh lebih dramatis dan ketinggian berkendara reli yang sesuai berkat suspensi yang mungkin cukup mahal. Tampak hebat, bahkan dalam warna hitam, karena semua GR Yaris melakukannya, tetapi juga karena Rally2 sekarang menempati wilayah di masa lalu di mana mobil reli tampak agak mirip dengan mobil jalan raya di ruang pamer. Toyota akan bersaing dengan mobil seperti ini, yang untuk sementara disebut GR Yaris WR Concept, di Kejuaraan Reli Jepang musim ini, menjelang homologasi penjualan mobil Rally2 dan kompetisi global pada 2024.

Di tempat lain di stand di Tokyo adalah sepasang mobil jalan raya edisi terbatas, yang bertujuan untuk memanfaatkan kesuksesan reli Toyota baru-baru ini dan kecintaan yang ditemukan kembali pada olahraga tersebut setelah Reli Jepang pertama selama 12 tahun berlangsung pada tahun 2022. Keduanya adalah Sebastien Ogier ( 2021 champion) dan Kalle Rovanpera (2022 champ) Edition Concepts didasarkan pada model RZ Jepang, dengan peningkatan torsi dari standar menjadi 288lb ft.

Mobil Ogier berwarna abu-abu, juga dikenali dari spoiler belakang yang tebal, kaliper biru, ‘decal khusus juara WRC’ dan sebuah plakat interior. Perombakan Rovanpera secara umum serupa, meskipun dengan corak yang jauh lebih berani dan kaliper merah. Keduanya juga memiliki sesuatu yang Google translate sebut sebagai ‘kontrol khusus’ untuk setiap pemilihan mode 4WD mobil, meskipun belum jelas apa artinya. Untuk apa nilainya, Toyota mengatakan bahwa pengaturan untuk keduanya ‘mencocokkan input dari setiap pembalap reli’, jadi keduanya mungkin benar-benar berbeda untuk dikendarai seperti yang terlihat.

Baik Rovanpera dan Ogier Yarises akan dijual, Toyota menyarankan tanggal rilis dan detail tambahan akan menyusul akhir tahun ini. Mendapatkan keduanya di Inggris tampaknya tidak mungkin, mengingat model seperti GRMN belum berhasil di sini, tetapi Toyota tidak pernah gagal untuk memberikan kejutan saat ini. Lebih banyak GR Yaris dari deskripsi apa pun terdengar seperti kabar baik bagi kami.

Tinggalkan komentar