Cara Melindungi Perabotan Kayu dari Rayap

Jasa pembasmi rayap paling ampuh melayani anda dengan sepenuh hati, agar rumah kembali nyaman tanpa gangguan rayap. Rayap adalah semacam serangga yang membutuhkan kelembaban untuk hidup. Bukan hanya itu, rayap juga termasuk dalam kategori serangga yang ganas. Karena ukurannya yang kecil dan memiliki warna yang serupa dengan kayu, makan rayap susah untuk dilihat.

Bisa dikatakan, rayap merupakan musuh terbesar perabotan rumah karena rayap tidak akan berhenti makan meskipun mereka sudah menimbulkan kerusakan dan saran. Tah hanya berpotensi dapat membahayakan keselamatan perabotan rumah, rayap juga memberikan dampak bagi manusia. Umumnya ada 2 jenis rayap yang dapat di temukan di dalam rumah, yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering.

Rayap bisa menggigit dan menyenangkan. Selain itu, rayap juga dapat menyebabkan serangan alergi bahkan dapat menyebabkan serangan asma. Bukan hanya untuk kesehatan, serangan rayap juga dapat menyebabkan kerusakan parah terhadap yang pada akhirnya akan membuat perabotan menjadi lebih rapuh dan mudah rusak. Akibatnya, orang-orang yang menggunakan perabotan tersebut berkemungkinan besar akan terjatuh dan terluka.

Memang rayap itu menyebalkan dan musuh dari perabotan rumah kita. Maka dari itu berikut adalah 6 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rayap

Jaga rumah agar bebas rayap

Jika kamu memutuskan untuk membersihkan sendiri atau menyewa pembersih rayap, sangat disarankan untuk menjaga rumah untuk tetap rapi. Perhatikan benda-benda yang suka rayap makan, seperti kayu, karton, kertas, koran, dan majalah bekas. Jika kalian tetap menyimpannya, inilah yang menjadi sarana utama rayap untuk tetap berkembang biak.

Misalnya ada beberapa dari ruangan kamu yang sudah dikuasai oleh rayap, hindari untuk memindahkan barang-barang yang terkontaminasi rayap keruangan yang bebas rayap. Hal ini dikarenakan, rayap akan kembali untuk menyerang ruangan yang bebas rayap tersebut.

Perbaiki kebocoran

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa rayap atau hidup karena kelembaban. Maka dari itu selalu perhatikan lah dinding dinding rumah kamu terutama di daerah yang bocor. Kelembaban yang ada pada dinding dan atap merupakan tempat yang sempurna untuk rayap merajalela.

Jika kamu sudah menyadari bahwa rumah kamu itu bocor, langsung perbaiki daerah tersebut secepat mungkin menggunakan beberapa peralatan atau pembasmi untuk mencegah datangnya rayap. Perhatikan lebih di daerah sudut dan ruang bawah tanah di mana dua daerah tersebut juga tempat yang menarik perhatian hama.

Berikan jarak antara kayu dan tanah

Salah satu ruangan yang memiliki kemungkinan besar terpapar oleh rayap adalah ruang bawah tanah. Hal ini dikarenakan jarak antara tanah dan kayu itu tidak berjauhan. Terutama untuk rumah yang memiliki halaman belakang. Selalu pastikan ada jarak di antara tanah dan kayu.

Para ahli merekomendasikan untuk menjaga jarak setidaknya 18 inci antara kayu dan tanah. Terbukti efektif untuk menya kah mencegah serangan rayap dari pintu, jendela, dan furniture. Kamu juga bisa membuat penghalang fisik yang terbuat dari semen atau batu.