Calais ke Le Mans | PH Dream Drive

Meskipun telah melakukan perjalanan ke Circuit de la Sarthe tujuh kali sebelum perjalanan ini, saya agak malu untuk mengatakan bahwa kami selalu mengambil rute tercepat di jalan tol. Ini penistaan, sungguh, mengingat beberapa mobil yang kami kendarai selama bertahun-tahun. Orang-orang akan memberi tahu Anda bahwa sebagian besar akhir pekan Le Mans adalah perjalanan turun, tetapi kami selalu terburu-buru untuk menyiapkan akhir pekan dan tidak pernah mengambil kesempatan untuk menikmatinya. Tidak kali ini.

Saya berpengalaman dalam merencanakan perjalanan darat, mulai dari mengatur akhir pekan di Wales di jalan mengemudi favorit saya hingga perjalanan monster melintasi Pegunungan Rocky Kanada. Tetapi semua rute yang saya rencanakan memiliki satu kesamaan – ada tujuan di sepanjang jalan yang membantu menyatukannya. Geografi saya sangat buruk pada saat-saat terbaik (saya pernah bertanya kepada dealer mobil dari Toulouse seperti apa bisnis di Italia…), jadi merencanakan rute Billy-no-mates melalui Prancis bukanlah hal yang mudah.

Masuki sekelompok PH yang sangat membantu. Google cepat untuk ‘Rute terbaik ke Le Mans’ mengembalikan rim utas PH. Berada di tenggara saya beruntung tidak terlalu jauh dari Folkstone, untuk mendapatkan Eurotunnel ke Calais, atau Portsmouth, untuk mendapatkan feri ke Caen. Terlalu banyak pilihan adalah hal yang buruk bagi saya, tapi untungnya Sortie 10 dan lowdrag ada di tangan untuk menyarankan jalan dan kota untuk digunakan untuk mengasah salah satu pilihan. Saya menetap di Calais, dengan perkiraan perjalanan 6 jam 30, dibandingkan dengan rute tercepat 4 jam 30 biasa di jalan raya.

Tapi di mobil apa untuk melakukannya? Ini adalah perjalanan yang panjang, jadi Anda menginginkan sesuatu yang nyaman yang dapat menyerap bermil-mil, tetapi sama cepat dan menyenangkannya saat Anda berada di jalan yang benar. Masukkan Ford Mustang Mach 1. Versi otot Ford yang berfokus pada trek, dan Mustang paling bertenaga (secara resmi) datang ke Inggris, dengan 460hp dari V8 5.0 liternya. Yang merupakan output daya yang sama yang kita lihat di Bullitt empat tahun lalu, tetapi Mach 1 juga diuntungkan dari kaliper rem Brembo enam pot di depan, bodykit khusus untuk menghasilkan downforce hingga 25 persen lebih banyak daripada Mustang standar dan yang dipesan lebih dahulu. pengaturan suspensi. Hanya jenis GT saya.

Rute

Kami berangkat dari Calais pada pukul 10 pagi dengan satu-satunya jalan raya kami menuju Neufchâtel-en-Bray, di mana kami meninggalkan autoroute untuk beberapa kilometer jalan belakang di depan. Rasa jalan D pertama kami tidak mengecewakan: sepi dan berkelok-kelok melewati pedesaan dengan gemuruh konstan V8 di sekitar kami.

Kami menuju Forges-les-Eaux, sebelum berhenti di kota indah Lyons-la-Forêt untuk makan siang di Café du Commerce di alun-alun kota (sangat direkomendasikan untuk menikmati steak dan keripik yang lezat). Jalan keluar dari Lyons-la-Forêt menuju Les Andelys sangat menakjubkan dan pengaturan yang sempurna untuk Mach 1 untuk meregangkan kakinya.

Tidak diragukan lagi ini adalah mobil yang besar dan berat, tetapi pengiriman tenaga adalah pengalih perhatian yang sempurna, dengan nuansa V8 yang disedot secara alami bergema di dada Anda saat putaran mencapai puncak 7.500rpm. Yang sangat membuat ketagihan, seperti bobot perpindahan gigi yang membuatnya menjadi mobil otot yang tidak diragukan lagi. Ini adalah mobil yang membuat Anda percaya diri dan, seperti yang dijelaskan John dalam ulasannya, semakin cepat Anda melaju, semakin mengecil di sekitar Anda dan terasa seperti mobil yang lebih kecil dan lebih ringan daripada sebenarnya.

Kami melanjutkan perjalanan melalui Le Neubourg dan Conches-en-Ouche sebelum rehat kopi di L’Aigle. Saya sangat bersemangat untuk perjalanan itu sehingga saya tidak banyak tidur malam sebelumnya, jadi suntikan kafein sangat dibutuhkan. Peregangan terakhir melalui Mortagne-au-Perche dan Mamers mengitari taman nasional, masuk dan keluar dari jalan yang ditumbuhi pepohonan sebelum kami akhirnya tiba di Le Mans, sembilan jam setelah meninggalkan Calais. Kami makan siang dengan santai dan beberapa pemberhentian untuk foto-foto, jadi Anda mungkin bisa menurunkannya menjadi delapan jika Anda lebih tepat waktu.

Mengapa ini adalah perjalanan impian

Tentu, Anda bisa meluncur ke Le Mans di jalan raya, yang dilakukan banyak orang. Selalu ada banyak mobil untuk dilihat di layanan, tetapi rutenya sangat mudah dilupakan dan membuang-buang apa pun yang menyenangkan untuk dikendarai. Simpan untuk perjalanan kembali, ketika Anda lelah dan hanya ingin pulang untuk tidur.

Meskipun ini bukan bagian pegunungan Prancis, sejauh ini merupakan salah satu rute paling indah dan menyenangkan untuk ditempuh ke Le Mans. Lagi pula, apa terburu-buru? Jalanan benar-benar sepi dan membawa kami melewati lahan pertanian yang datar, desa-desa yang indah, dan di jalan yang berkelok-kelok dan bergelombang melewati hutan. Ini bukan rute yang akan Anda lakukan sendiri, tetapi jika Anda menuju ke Le Mans untuk 24 Jam Klasik, itu pasti salah satu yang terbaik untuk diambil.

Sorotan dan sorotan

Saya belum pernah mengendarai mobil yang mendapat begitu banyak perhatian positif. Ke mana pun kami pergi, orang-orang akan berhenti dan melihat, mengambil foto dan memberi Anda acungan jempol atau lambaian tangan. Ini adalah mobil yang terasa istimewa saat bergerak atau diam. Bahkan ketika kami berkendara ke Arnage hanya untuk menyadari bahwa saya telah meninggalkan kartu pas saya di perkemahan, tidak ada keluhan tentang kembali lagi untuk berkendara. Setiap kilometer terasa seperti sebuah peristiwa, yang tidak bisa Anda katakan untuk banyak mobil baru yang dijual hari ini. Dan meskipun ini adalah mobil yang telah diasah untuk trek, rasanya sangat betah di jalan umum.

Kami tidak melihat kamera kecepatan tunggal di sepanjang jalan, selain dari bagian pertama autoroute. Tidak ada komputer perjalanan untuk penghematan bahan bakar (atau sangat tersembunyi) jadi kita lupakan saja. Satu-satunya kritik saya adalah bahwa jalannya tidak berkelok-kelok seperti beberapa jalan B fantastis yang kami miliki di Inggris, tetapi mereka sangat cocok untuk Mustang. Dan orang Prancis tampaknya tidak terlalu suka kopi yang dibawa pulang, yang baik-baik saja jika Anda punya banyak waktu untuk duduk di kafe, tetapi ketika Anda ingin terus bergerak, sulit untuk menemukannya jauh dari stasiun layanan. .

Pemandangan, pemberhentian, dan pengalihan

Makan siang di alun-alun kota di Lyons-la-Forêt adalah suatu keharusan; ini adalah kota tua tercantik yang kami lewati dan ada banyak pilihan. Pastikan Anda juga membeli makanan penutup dari les desserts colorés di alun-alun. Jalan keluar kota menuju Les Andelys adalah bagian terbaik dari keseluruhan rute, jadi ini adalah salah satu yang harus dinikmati.

Ada banyak tempat yang bisa Anda singgahi untuk mengambil foto, jadi pilihlah yang Anda suka. Berhati-hatilah meskipun beberapa desa kecil memiliki gundukan kecepatan, jadi Anda mungkin perlu merencanakan ke depan jika Anda berada di supercar atau sesuatu yang sangat rendah. Cuci mobil Easy Clean (Imp. Amédée Bollée, 72650 Saint-Saturnin, Prancis) di pinggiran utara Le Mans adalah keturunan jika Anda ingin berhenti dan membersihkan serangga dan debu perjalanan sebelum Anda tiba di sirkuit.

Saya yakin kami hanya mengikis permukaan beberapa jalan besar yang dapat Anda ambil di sepanjang jalan dari Calais ke Le Mans, jadi jika Anda punya saran atau penyesuaian yang akan Anda buat untuk rute untuk waktu berikutnya, silakan beri tahu kami di komentar. Jika tidak, luncurkan 2023, ketika kita bisa melakukannya lagi!

SPESIFIKASI | 2022 FORD MUSTANG MACH 1

Mesin: 5038cc, disedot secara alami, V8
Penularan: Manual 6 kecepatan, penggerak roda belakang
Daya (hp): 460@7250rpm
Torsi (lb kaki): 390@4,600rpm
0-62mph: 4,8 detik
Kecepatan tertinggi: 166mph
Bobot: 1851kg (urutan berjalan)
MPG: 22.8
CO2: 284g/km
Harga: £55.255

Untuk informasi lebih lanjut tentang berkemah PistonHeads di Le Mans dan untuk mendaftarkan minat Anda untuk tahun 2023, klik di sini.