Dari arsip motorsport: pada hari ini di tahun 2005

Begitulah tingkat dominasi pembalap Citroën Xsara Sébastien Loeb di Kejuaraan Reli Dunia 2005 sehingga pada saat kru tiba di Finlandia untuk ronde 10, perilaku saingan mereka hampir putus asa.

Mantan juara dunia Petter Solberg bahkan bersumpah untuk tidak memotong rambutnya sampai orang Prancis itu dikalahkan. Beruntung baginya, yumps dan crest di Jyväskyl selalu menjadi tempat berburu yang menyenangkan bagi penduduk setempat. Favorit odds-on untuk menang adalah juara dua kali Marcus Grönholm, dan dia memang pemimpin awal dalam Peugeot 307-nya, meskipun dengan Loeb dalam pengejaran.

Grönholm bertahan sampai tahap lima, ketika sebuah pendaratan berat berdampak pada tulang belakang co-driver Timo Rautiainen. Dengan dia hampir tidak bisa bernapas, apalagi berbicara, Grönholm terpaksa mengurangi langkahnya, dan keunggulannya atas Loeb turun menjadi hanya 5,8 detik pada akhir hari pertama. Tidak terpengaruh dan dengan perhatian medis yang memadai dalam keadaan siaga, pasangan itu terus maju. Itu sampai tusukan hari terakhir akhirnya mengakhiri garis angkuh Loeb.

Grönholm menang dengan 66,7 detik, dan sementara ini tidak banyak menghambat laju Loeb ke gelar kedua, beberapa kebanggaan yang sangat dibutuhkan dipulihkan.

Hamir Thapar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *