Apa oli terbaik untuk mobil saya?

Oli mesin

Mobil yang berbeda membutuhkan jenis oli yang berbeda

Memilih oli terbaik untuk mesin mobil Anda bisa jadi sulit, mengingat banyaknya pilihan yang tersedia. Panduan kami dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat

Oli adalah salah satu zat misterius bagi banyak pemilik mobil.

Kecuali jika Anda seorang yang antusias, Anda mungkin akan membuka kap mobil Anda hanya jika terjadi kesalahan – Anda kehabisan cairan washer atau ada asap dalam jumlah yang mengkhawatirkan datang dari suatu tempat. Tetapi menjaga agar mobil tetap terlumasi dengan baik adalah salah satu pekerjaan perawatan yang paling penting, karena gesekan yang tidak diinginkan pada mesin yang bergerak cepat biasanya menyebabkan berita buruk yang berpotensi mahal.

Teknologi mekanik canggih pada mobil modern berarti bahwa oli modern lebih kompleks dari sebelumnya, menurut David Wright, direktur jenderal United Kingdom Lubricants Association.

Dia mengatakan peningkatan peraturan tentang emisi kendaraan dan meningkatnya tuntutan dari konsumen untuk kinerja tanpa kompromi dengan penghematan bahan bakar yang maju berarti bahwa industri pelumas dari pencampur minyak dan pemasar harus mengikuti tuntutan pabrikan karena mereka mengejar efisiensi yang lebih baik.

“Sumber minyak yang lebih kecil berarti kita semua menggunakan lebih sedikit minyak setiap tahun tetapi minyak yang kita gunakan harus bekerja dua kali lebih keras,” kata Wright. “Produsen mobil saat ini menuntut viskositas oli mesin yang lebih tipis dan lebih ringan untuk mencapai peningkatan konsumsi bahan bakar dalam mesin yang lebih kecil dan lebih bertenaga sekaligus mengurangi emisi.”

Ini berarti mendapatkan oli yang tepat untuk mobil Anda lebih penting dari sebelumnya. Salah dan sementara Anda tidak akan melihat bencana instan seperti yang Anda lakukan jika Anda memasukkan diesel ke dalam mobil bensin, Anda akan membuat mesin Anda mengalami keausan komponen yang berlebihan.

“Anda tidak akan langsung melihat masalah. Ini tidak seperti memasukkan bahan bakar yang terkontaminasi ke dalam kendaraan Anda,” kata Wright. “Tetapi dalam jarak 20.000 mil, Anda bisa mengalami masalah operasional yang parah.”

Jenis oli apa yang Anda butuhkan tergantung pada mesinnya. Semua mobil baru akan datang dengan kelas yang direkomendasikan yang tercantum dalam manual dan biasanya pabrikan yang direkomendasikan juga. Nilai akan ditampilkan dalam angka, dipisahkan dengan huruf ‘w’ – misalnya, 5w40.

“Sederhananya, viskositas oli memberi Anda indikasi ketahanannya untuk mengalir pada suhu tertentu,” jelas Wright. Peringkat ‘w’, didahului dengan angka, memberi Anda indikasi tentang bagaimana minyak mengalir pada suhu musim dingin dan angka terakhir menunjukkan aliran pada suhu musim panas.”

Namun, viskositas saja tidak cukup untuk menunjukkan seberapa baik oli akan melindungi mesin Anda. Ada banyak tes yang dilakukan produsen mobil untuk memformulasi oli mesin dan ini diratifikasi oleh sebuah organisasi yang disebut Asosiasi Produsen Otomotif Eropa, yang dikenal sebagai ACEA (akronim dari gelar Prancis organisasi). ACEA menentukan persyaratan yang tepat yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan berbagai jenis mesin modern. Spesifikasi, yang dikenal sebagai Urutan Minyak ACEA, diperbarui setiap empat tahun tetapi kompatibel dengan kendaraan yang lebih tua.

“Biaya investasi yang tinggi dalam teknologi oli mesin mencapai enam atau bahkan tujuh angka untuk satu set pengujian mesin. Pencampur oli, produsen, dan pemasar harus yakin bahwa pelumas yang mereka jual cocok untuk aplikasi tertentu,” kata Wright.

Setiap spesifikasi ACEA dilambangkan dengan huruf, diikuti dengan angka, yang mengidentifikasi kelas oli dan kategori di dalam kelas tersebut – misalnya, ACEA C3. Spesifikasi ini akan ditunjukkan pada kemasan oli dan manual pabrikan mobil akan kembali menentukan mana yang harus Anda pilih.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan minyak yang direkomendasikan dengan tepat? Wright mengatakan pengemudi harus melangkah dengan hati-hati, karena menggunakan oli yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil Anda.

Masalahnya adalah bahwa industri minyak melakukan sertifikasi sendiri. ACEA mendefinisikan spesifikasinya, tetapi terserah pada produsen untuk memastikan bahwa produk yang mereka keluarkan memenuhinya. Sebuah organisasi teknis yang disebut ATIAL memeriksa produk anggotanya setiap beberapa tahun, tetapi sebagian besar tergantung pada industri untuk mengawasi sendiri. Beberapa pemasok minyak yang kurang dikenal telah diketahui memberi label produk mereka sebagai spesifikasi tertentu tetapi tidak memenuhi standar.

“Kadang-kadang itu mendistorsi pasar jika Anda mendapatkan beberapa pendatang baru yang kurang bereputasi ke dalam produk yang menjual pasar di bawah harga biaya blender lain yang lebih bereputasi. Saat itulah Anda mendapatkan beberapa pertanyaan yang diajukan.

“Jika sesuatu terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka itu mungkin benar,” kata Wright. “Jika Anda telah ditawari spesifikasi terbaru, oli mesin sintetis sepenuhnya di pub seharga £1 per liter, maka itu mungkin terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.”

Untuk memerangi produk tersebut dan untuk memeriksa kualitas produk, UKLA meluncurkan layanan Verifikasi Spesifikasi Pelumas (VLS). Siapa pun dapat menyarankan produk untuk diuji, dan jika ternyata tidak diinginkan, UKLA akan meminta pemasar untuk mengkarantina atau menarik kembali produk tersebut, dan memberi label ulang atau merumuskannya kembali. Wright mengatakan bahwa sejak VLS diluncurkan pada 2013, telah memberikan dampak positif pada kualitas pelumas yang dijual di Inggris.

“Saya pikir kita hampir sampai,” katanya. “Beberapa perusahaan baru memasarkan formulasi aneh yang perlu diselidiki tetapi, secara keseluruhan, pasar Inggris cukup patuh.”

Sebaliknya, beberapa produsen memproduksi oli yang melampaui spesifikasi yang dipersyaratkan.

“Beberapa pabrikan akan berbaur dengan garis dasar dan beberapa akan berusaha melampauinya, untuk mengembangkan beberapa bentuk pemosisian kualitas di sekitar merek mereka,” jelas Wright. “Biasanya perusahaan multinasional, perusahaan besar yang akan membuat mereka lebih baik dari spesifikasi. Jadi jika spesifikasi oli mengatakan itu akan bertahan sejauh 15.000 mil, mereka akan membuatnya sehingga bertahan 20.000 mil, misalnya. Mereka akan memasukkan campuran aditif yang lebih kaya ke dalam formula untuk memastikan bahwa tidak hanya tidak menghasilkan keausan pada mesin, tetapi juga akan membantu melindungi mesin dari waktu ke waktu.”

Pertanyaan cepat

Bagaimana minyak bervariasi?

Minyak datang dalam viskositas yang berbeda, ditandai dengan nomor kelas, seperti 5w40. Ini juga dicampur untuk berbagai jenis mesin, ditandai dengan spesifikasi ACEA, seperti ACEA A1/B1.

Oli apa cocok untuk mobil apa?

Jenis oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil akan dicantumkan dalam manual. Ini mungkin merekomendasikan merek tertentu, tetapi grade dan spesifikasi ACEA adalah hal penting yang harus dicari.

Apakah merek penting?

Selama grade dan spesifikasi ACEA benar, Anda akan baik-baik saja. Namun, David Wright dari United Kingdom Lubricant Association merekomendasikan untuk memilih produsen yang memiliki reputasi baik. Beberapa perusahaan akan memadukan oli yang lebih canggih dan mahal yang melebihi spesifikasi pada kemasannya.

Bagaimana dengan merek yang lebih murah?

Sekali lagi, selama grade dan spesifikasi ACEA benar, maka semuanya akan baik-baik saja. Tetapi oli dari beberapa merek baru yang kurang bereputasi di pasaran ternyata tidak memenuhi spesifikasi yang diklaim. Layanan VLS UKLA menyelidiki keluhan dan menguji produk untuk melihat apakah produk tersebut sesuai dan memiliki arsip temuannya di situs webnya –

Apa yang terjadi jika Anda menggunakan oli yang salah?

Menggunakan oli yang salah akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada komponen mekanis mesin Anda. Bagian yang dilumasi dengan buruk akan lebih cepat aus sehingga mengurangi umur mesin.

Seberapa sering Anda harus memeriksa oli Anda?

Tidak ada aturan yang ditetapkan. Mereka yang mengemudi lebih sering harus memeriksa lebih sering. David Wright menyarankan setiap orang harus memeriksa level oli kendaraan mereka setidaknya sebulan sekali.

Seberapa sering Anda harus mengganti oli di mobil Anda?

Ini akan bervariasi dari mobil ke mobil dan akan disebutkan dalam manual mobil.

Daftar Istilah

ACEA – Asosiasi Produsen Mobil Eropa. Sebuah organisasi yang mewakili pembuat kendaraan Eropa dan menentukan persyaratan untuk pelumas modern. Spesifikasi untuk berbagai jenis oli dilambangkan dengan angka ACEA pada kemasan, seperti ACEA A1/B1.

ATIEL – Asosiasi industri produsen dan pemasar pelumas Eropa. Akronimnya berasal dari bahasa Prancis “Association Technique de l’Industrie Européenne des Lubrifiants”

Nilai – kekentalan oli mesin Anda, ditandai dengan dua angka yang menunjukkan aliran oli pada suhu musim dingin dan musim panas (misalnya 5w40). Semakin rendah angkanya, semakin tipis viskositasnya.

SAE – Masyarakat Insinyur Otomotif. Badan yang berbasis di AS yang mendefinisikan bagaimana viskositas minyak ditentukan dan diatur.

UKLA – Asosiasi Pelumas Inggris. Badan yang mewakili bisnis di industri pelumas Inggris.

VLS – Verifikasi Spesifikasi Pelumas. Layanan nirlaba yang diluncurkan oleh UKLA untuk menyelidiki keluhan ketidakpatuhan terhadap spesifikasi pelumas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *