BMW XM baru adalah SUV hybrid M-only, 740bhp

bmw xm fos 2022 080

Konsep bertenaga mega adalah model M pertama yang dipesan lebih dahulu sejak M1, dan hybrid pertama divisi ini

Divisi M BMW telah merayakan hari jadinya yang ke-50 dengan hanya model dipesan lebih dahulu kedua dalam sejarahnya: XM.

Ditilik dari dekat oleh mobil pameran ini, Concept XM, SUV besar ini akan menjadi model elektrifikasi pertama BMW M, dengan powertrain hybrid plug-in 740bhp berperforma tinggi yang dibangun di sekitar V8 bensin 4.4 liter yang terkenal.

Dalam penentuan posisi, XM akan duduk di atas jajaran BMW dan model target seperti Audi RS Q8, Porsche Cayenne Coupé Turbo S E-Hybrid dan Range Rover Sport SVR.

Berasal dari BMW X7, ini secara efektif merupakan X8 jika Anda mengikuti konvensi penamaan tradisional BMW, di mana versi SUV bergaya coupé yang lebih gagah mendapatkan nama bernomor genap. Namun, XM akan dijual semata-mata sebagai mobil M – BMW pertama dan satu-satunya sejak supercar M1 mani tahun 1978 yang mengklaim eksklusivitas itu.

Ini mendapatkan gaya, perangkat keras dan teknologi drivetrain yang sepenuhnya dipesan lebih dahulu untuk lebih membenarkan pembuatan dan pemosisiannya; dan itu berangkat lebih jauh dalam styling dari model yang didasarkan dari BMW X4 dan BMW X6.

Konsep XM membuat debut publiknya di Miami, Florida, yang signifikan, karena AS sejauh ini akan menjadi pasar terbesar untuk mobil produksi. Penjualan di Inggris akan datang, bagaimanapun, kemungkinan besar pada musim panas 2023. Produksi model akan dimulai di Spartanburg, Carolina Selatan – pabrik BMW terbesar di dunia dan rumah SUV-nya – nanti pada tahun 2022.

Powertrain PHEV Concept XM akan menjadi salah satu dari sejumlah fitur untuk membuatnya ke mobil produksi yang sebagian besar tidak berubah. BMW belum mengungkapkan terlalu banyak informasi spesifik, tetapi pusatnya adalah mesin V8 twin-turbocharged perusahaan. Ini bekerja dengan satu motor listrik berkinerja tinggi yang, mengikuti konvensi BMW, diharapkan dipasang dalam gearbox otomatis delapan kecepatan dan menggerakkan keempat roda.

Baterai dengan kapasitas lebih besar dari fitur 20kWh, menjanjikan jangkauan listrik hanya hingga 50 mil. Output sistem total dinilai pada 740bhp dan 734lb ft, menjadikannya mobil jalan BMW paling kuat sejauh ini. M5 CS bertenaga bensin saat ini memakai mahkota itu tetapi akan dikalahkan hingga 114bhp oleh XM.

Ini adalah powertrain yang, menurut bos BMW M yang baru saja kembali, Frank van Meel, sudah ditakdirkan untuk model M lainnya, kemungkinan besar versi generasi berikutnya dari X5 M, X6 M, BMW M5 dan BMW M8, yang semuanya saat ini digunakan. V8. Untuk itu, ia menyebut Concept XM sebagai pendekatan pertama dalam “langkah-demi-langkah elektrifikasi merek kami”.

Fitur penting lainnya dari XM produksi adalah posisinya sebagai SUV mewah dan juga sporty. Van Meel mengatakan bahwa pemilik mobil M telah meminta lebih banyak kemewahan dengan performanya dan ini adalah contoh pertama dari strategi baru yang dibawa ke produksi.

Memang, bos desain BMW Domagoj Dukec menggambarkan model itu sebagai “pernyataan mewah oleh BMW M di jantung segmen mewah”. Fokus interior mewah itu ditunjukkan melalui pilihan material yang lebih kaya, termasuk kulit cokelat tua untuk bagian depan kabin, beludru berlian teal untuk kursi belakang, dan elemen trim tembaga dan serat karbon. Material di bagian depan dan belakang sengaja dibuat kontras untuk menonjolkan bagian depan sebagai area yang lebih sporty, lebih fokus pada pengemudi dan bagian belakang sebagai “M Lounge” yang lebih mewah.

Konsep XM mengantarkan tampilan eksterior baru yang khas dan bersudut untuk sub-merek M. Di bagian depan, kisi-kisi ginjal yang didesain ulang substansial dibingkai oleh LED dan lampu depan telah dibelah, dengan strip LED tipis di bagian atas dan lampu utama/balok yang dicelupkan di bawah.

Konsep ini memakai lapisan cat two-tone baru. Bagian bawah Space Grey dipisahkan dari matt emas-perunggu atas oleh “sabuk hitam” mengkilap yang naik ke belakang untuk memenuhi garis atap yang turun, menciptakan profil yang sangat cepat untuk bentuk jendela.

Perawatan belakang bahkan lebih dramatis. Fitur termasuk ramping, lampu belakang LED berbentuk L yang berwarna hitam saat tidak menyala, set kembar knalpot berbentuk heksagonal bertumpuk vertikal (yang berfungsi penuh dan menghasilkan suara “kaya secara emosional”), diffuser besar dan putaran BMW terukir di jendela belakang, mengacu pada M1.

Dimensi konsep belum dibagikan, tetapi mobil produksi kemungkinan akan mencerminkan panjang 5151mm dan lebar 1990mm dari X7, yang sudah menjadi mobil terbesar BMW, menawarkan tujuh kursi.

Kita tahu konsepnya mengendarai velg besar 23 inci, tetapi tidak ada spesifikasi sasis lainnya yang terungkap. Namun, X7 didukung oleh suspensi depan double-wishbone dan suspensi belakang lima tautan dengan peredam yang dikontrol secara elektronik dan pegas udara. Kemudi roda belakang juga diharapkan muncul saat XM produksi diluncurkan.

T&J: Frank Van Meel, Ketua, BMW M

Apakah peralihan ke kemewahan ini merupakan pendekatan baru untuk divisi M?

“Umpan balik dari pelanggan kami adalah bahwa mereka menyukai mobil kami tetapi menginginkan kemewahan yang lebih ekspresif dari mereka. Inilah yang telah kami lakukan di sini. Ini adalah langkah selanjutnya bagi kami di M: kemewahan ekspresif.”

Seberapa dekat dengan produksi Concept XM?

“Untuk mengatakan dengan tepat itu sulit. Ini benar-benar lebih dari 90%, tetapi akan ada begitu banyak perubahan detail, karena banyak fitur, seperti pelat nomor yang digelapkan, tidak dapat dihomologasikan. Jadi hal-hal ini akan didekati dengan cara yang berbeda.”

Mengapa itu hibrida?

“Kami telah mengatakan bahwa kami akan menggunakan listrik dekade ini dengan semua model kami. Kami sudah memilikinya dengan M Performance di i4 dan iX, tetapi sekarang ini adalah M elektrifikasi berperforma tinggi pertama.”

Apakah ini hore terakhir V8?

“Saya tidak akan mengatakan itu, karena pelanggan kami masih memiliki permintaan yang besar untuk V8, jadi kami tidak akan menutupnya. Tetapi untuk menggemparkan V8 memungkinkan kami untuk mempertahankannya di pasar lebih lama.”

Mengapa tidak EV penuh?

“Kami memiliki banyak pasar yang belum dapat sepenuhnya menggunakan listrik. Dan dengan mobil berperforma tinggi, teknologi listrik sangat perlu didorong lebih jauh; dan hanya Porsche Taycan yang melakukannya. AS adalah pasar terbesar kami, dan umpan balik dari mereka adalah tidak menggunakan listrik dan mereka ingin mempertahankan V8.

“Penjualan M pada tahun 2019 di AS adalah yang terkuat kami, dengan permintaan besar untuk X5 M dan X6 M. Jadi ini adalah suara dari pelanggan kami untuk menuju ke arah itu, dan mendorong V8 ke hybrid. Ini adalah langkah besar untuk menjadi hybrid, tetapi pelanggan mengharapkan ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *