Dari arsip motorsport: pada hari ini di tahun 1981

Untuk menyenangkan para penggemar reli Welsh, acara khusus Rallysprint TV 1981 akan difilmkan di hutan Esgair Dafydd di Powys, dan beberapa pembalap top dunia akan berkompetisi.

Salah satunya adalah Henri Toivonen, dan dia setuju untuk membawa John Miles dari Autocar dalam latihan lari dengan Talbot Sunbeam Lotus pemenang Rally GB miliknya.

Berlangganan Arsip Autocar hari ini

Miles mungkin pernah membalap untuk Lotus di Formula 1, tetapi kendali mobil pembalap Finlandia berusia 24 tahun itu di trek yang penuh bebatuan, berminyak, berkabut, dan menurun masih membuatnya takjub: “Otak saya berusaha mati-matian untuk mengimbanginya. Itu sekilas, tidak ada yang berkelanjutan. Pertama dari berapa sedikit RPM yang dia gunakan untuk keluar jalur, dengan lembut mematahkan traksi kemudian memasukkan throttle ke dalam, mengambil detik dengan baik sebelum mesin kehabisan RPM, mengerem, berbelok ke kiri, Michelin menemukan cengkeraman yang luar biasa.

“Gerakan tuas persneling pendek dan tajam. Dia tidak banyak mengerem kaki kiri tetapi mengandalkan sedikit bias rem belakang yang baik untuk mengatur ekor meluncur saat dia mengerem dan membelokkan mobil. Seperti Hannu Mikkola, dia jarang menyilangkan tangannya di kemudi, hanya saat mengambil mengunci dengan cepat. Pengereman dan belok sangat presisi, sangat percaya diri.

“Sepertinya tidak ada yang tidak bisa dilakukan pria ini dengan mobil.”

Berlangganan Arsip Autocar hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *