Pagani Huayra Codalunga adalah penghargaan £6m untuk pembalap tahun 1960-an

Pagani telah mengerjakan ulang hypercar Huayra untuk menciptakan penghargaan ultra-eksklusif dan sangat khas untuk mobil balap bersejarah.

Disebut Huayra Codalunga – yang berarti ‘ekor panjang’ dalam bahasa Italia – model ini didasarkan pada coupé Pagani Huayra tetapi memiliki bodi yang didesain ulang sepenuhnya.

Desainnya terinspirasi oleh pembalap Le Mans berekor panjang tahun 1960-an dan menampilkan bodywork yang memanjang dan mengalir dan isyarat retro yang jelas. Penutup mesin saja lebih panjang 360mm dari yang ada di Huayra standar dan memiliki luas lebih dari 3,7 meter persegi.

Selain dek belakang yang diperpanjang, Codalunga memiliki bumper depan yang didesain ulang dengan asupan gril depan yang melebar dan splitter yang direvisi. Bukaan samping mengingatkan pada Huayra Roadster, sementara saluran udara masuk ganda menjangkau sekitar sisi kabin untuk menyedot udara ke dalam mesin.

Di bagian belakang, pengaturan lampu rem berbentuk L khas Huayra telah digantikan oleh deretan tiga lampu, sementara tidak adanya gril belakang memungkinkan pandangan yang tidak terhalang dari sistem pembuangan titanium Codalunga.

Seperti Huayra lainnya, ceruk yang dalam di antara kumpulan cahaya yang ditinggikan di bagian depan dan belakang adalah rumah bagi dua pasang penutup bergerak yang menyediakan fungsionalitas aerodinamis aktif. Meskipun bodywork ekstra, Codalunga memiliki berat 1280kg – 70kg lebih ringan dari Huayra standar.

Di bawah kap adalah mesin V12 twin-turbo 6.0 liter dari Pagani Huayra Imola, menghasilkan 827bhp dan torsi 811lb ft, yang dikirim ke roda belakang melalui gearbox sekuensial tujuh kecepatan.

Tidak ada kata tentang angka kinerja, tapi kami berharap untuk mencocokkan waktu 0-60mph Pagani Huayra BC dari 2,3sec dan kecepatan tertinggi kemungkinan akan melebihi 220mph.

Interior mobil tetap mirip dengan Huayra standar. Joknya dilapisi kulit anyaman dan pelapis nubuck, sedangkan detail dasbor dibuat dari satu blok aluminium.

Hanya lima mobil yang akan diproduksi, dengan harga masing-masing €7 juta – setara dengan hanya di bawah £6 juta – dengan semua contoh sudah terjual.

Ide pembuatan mobil ini bermula pada tahun 2018, ketika dua kolektor mobil meminta pendiri perusahaan Horacio Pagani untuk memproduksi versi ekor panjang dari model andalannya. Divisi proyek khusus Grandi Complicazioni Pagani kemudian bekerja dengan klien selama dua tahun, membangun model skala seperempat dan model ukuran penuh untuk menyelesaikan desain.

Horacio Pagani berkata: “Huayra Codalunga terdiri dari sangat sedikit elemen penting. Kami telah mengambil alih-alih menambahkan. Penyederhanaan sama sekali tidak mudah, dan sarana ini, di atas segalanya, adalah hasil dari pengejaran ide-ide sederhana yang kompleks.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *