Inilah 5 Tempat Wisata di Makassar yang Terkenal

Ada banyak tempat di Indonesia yang memiliki wisata menakjubkan. Salah satunya adalah Makassar. Sebuah kota besar yang terletak di Pulau Sulawesi. Makassar memiliki sejuta pesona seperti Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam maupun Taman Nasional Bantimurung. Maka dari itu, jika Anda punya waktu luang, Anda perlu mengunjungi beberapa tempat wisata di Makassar.

Tempat wisata di Makassar beraneka ragam. Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner. Meskipun ketiga tempat di atas adalah tempat wisata yang populer, masih ada banyak tempat yang bisa dijadikan alternatif. Apa saja itu?

Daftar di bawah ini adalah rekomendasi tentang tempat wisata di Makassar yang perlu Anda ketahui. Catat baik-baik dan rencanakan kunjungan Anda ke tempat-tempat di bawah ini.

1. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Salah satu tempat wisata di Makassar yang cukup hits adalah Pegunungan Karst Rammang Rammang. Ini adalah lanskap pegunungan terbaik yang ada di Makassar. Bahkan, bisa dikatakan bahwa pegunungan ini merupakan pegunungan kapur terluas di Indonesia.

Untuk mencapai tempat tersebut, Anda membutuhkan waktu setidaknya 1,5 jam dari pusat kota. Anda bisa menuju ke sana menggunakan transportasi umum atau pribadi. Ketika Anda sampai di sana, jangan lupa untuk mengabadikan momen. Sebab, di sana, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menawan sekaligus menakjubkan.

2. Benteng Somba Opu

Jika ingin mendapatkan pemandangan menarik di daerah Gowa, cobalah berkunjung ke Benteng Somba Opu. Ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Gowa. Letaknya berada di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Sulawesi Selatan.

Saat masih menjadi daerah Kerajaan Gowa, benteng ini merupakan tempat pusat perdagangan. Namun, kini, Benteng Somba Opu telah menjadi objek wisata sejarah dengan penambahan beberapa rumah adat di dekat benteng tersebut.

3. Bendungan Parigi

Salah satu tempat menarik untuk berwisata air di Makassar adalah Bendungan Parigi. Letaknya berada di Desa Asana, Parigi, Tinggi Moncong, Sulawesi Selatan. Pemandangan menakjubkan yang bisa Anda dapatkan di sana adalah air yang mengalir secara bertingkat.

Bentuk bangunan tersebut yang membuat terlihat air jatuh seperti bertingkat. Jika ingin menikmati kesegaran air, Anda bisa berendam di sana. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen di sana. Setelah berendam, Anda bisa duduk sembari menikmati suasana yang adem karena dikelilingi bukit hijau.

4. Air Terjun Bissappu

Pemandangan yang tidak kalah menakjubkan di Makassar adalah Air Terjun Bissappu. Jika Anda sampai di sana, ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sebab, di sana, air terjun mengalir cukup deras dan sangat jernih. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berendam menikmati kesegaran air.

Selain itu, Anda bisa melihat dengan jelas betapa lingkungan di sana sangat asri. Hawa sejuk dan adem. Ini bisa menjadi wisata yang menenangkan. Cocok jika Anda ingin menepi sejenak dari rutinitas yang cukup padat.

5. Pulau Samalona

Salah satu tempat wisata di Makassar yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Samalona. Jika Anda ingin pergi ke sana, Anda bisa singgah di Dermaga Pantai Losari. Kemudian membayar sejumlah biaya (Rp300.000-Rp500.000). Jarak antara Pantai Losari menuju Pulau Samalona sekitar 7 km.

Ketika sampai di Pulau Samalona, ada banyak wisata menarik yang bisa Anda lakukan. Seperti diving, snorkeling maupun sekadar berenang di bibir pantai. Jika Anda diving, Anda akan menemukan banyak biota laut yang menakjubkan. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Pulau Samalona.

Itulah lima tempat wisata di Makassar yang menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di Makassar yang belum dituliskan di sini. Namun, lima tempat tersebut adalah rekomendasi terbaik jika Anda mengunjungi di Makassar.

Tetap jaga protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan cuci tangan di bawah air mengalir. Jika Anda ingin mengetahui tempat wisata di Makassar lainnya atau wisata Indonesia yang menarik, Anda bisa menelusuri di Indonesia Travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *