Cicipi 5 Kuliner Semarang yang Penuh Aroma dan Cita Rasa!

Jika Anda berkesempatan untuk pergi ke Semarang, cobalah untuk berkeliling. Lihat di kanan dan kiri ada banyak bangunan tua yang berjejer dan kini megah. Selain gedung dan bangunan tua, ketika berkeliling, jangan lupa untuk singgah mencicipi kuliner Semarang.

Di Semarang, Anda bisa mendapatkan berbagai macam makanan. Mulai dari makanan ringan seperti lumpia hingga makanan berat seperti soto ayam kampung. Rasanya pun bervariasi. Asin, manis, hingga pedas bisa Anda coba semua.

Oleh karena itu, jika Anda belum mengetahui apa saja kuliner Semarang yang wajib dicoba, artikel ini akan membantu Anda. Berikut ini adalah lima daftar rekomendasi wajib kuliner di Semarang.

1. Loenpia Gang Lombok

Salah satu rekomendasi kuliner di Semarang yang patut dicoba adalah lumpia. Namun, karena ini salah satu makanan legendaris, orang-orang menyebutnya dengan ejaan lama yaitu loenpia. Salah satu loenpia yang terkenal berada di Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah.

Loenpia adalah makanan yang berisi rebung dan saos petis. Namun, seiring perkembangan zaman, isinya pun kian bervariasi mulai dari ayam dan udang. Di tempat ini, Anda akan menemukan dua varian loenpia yaitu loenpia basah dan loenpia goreng.

Jika loenpia goreng bisa bertahan hingga 3 hari, loenpia basah hanya awet selama sehari. Hal ini disebabkan Loenpia Gang Lombok menjaga citarasa otentiknya sehingga tidak menggunakan bahan pengawet apa pun. Anda wajib mencobanya.

2. Soto Bangkong

Jika Anda mencari kuliner khas Semarang, cobalah mencicipi makanan yang satu ini. Namanya Soto Bangkong. Soto ini disebut Bangkong karena dulunya terletak di daerah yang banyak katak. Bangkong adalah katak dalam bahasa Jawa.

Soto ini berisi tauge, tomat, dan soun. Selain itu terdapat irisan daging sapi. Yang paling penting adalah kecap karena tidak bisa Anda temukan di warung lain. Rasa yang dihadirkan adalah manis dan gurih.

Anda bisa mencoba Soto Bangkong yang terletak di Jl. Brigjen Katamso No. 1, Karangtempel, Semarang. Anda bisa mencobanya pada pagi hingga malam hari karena buka dari pukul 07.00-22.00.

3. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Jika Anda lebih sering melihat nasi goreng yang disajikan pada malam hari, barangkali Anda perlu mencoba mencicipinya saat pagi hari. Ya, Anda bisa mencobanya di Jalan Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang.

Rasanya? Jangan diragukan lagi. Potongan babat yang rapi ditambah sedikit usus sapi hadirkan rasa gurih dan manis. Ini belum lagi  ditambah telur bebek. Wah, tentu saja rasanya akan menggoyang lidah Anda.

Buka dari pukul 07.00-16.00, sangat disarankan Anda datang pada waktu bukan makan. Dijamin antri karena Nasi Goreng Babat Pak Taman cukup terkenal.

4. Lekker Paimo

Kuliner Semarang yang satu ini menghadirkan rasa gurih sekaligus asin. Alasan mengapa Lekker Paimo sering dikunjungi pencinta kuliner karena terdapat perpaduan keju biasa dan mozarella.

Warisan kuliner Semarang ini bisa Anda dapatkan di Jalan Karang Anyar No. 37, Brumbungan, Kota Semarang. Buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

5. Es Puter Cong Lik

Semarang identik dengan panas, dan oleh karena itu, bagi pencinta kuliner, wajib untuk mendinginkan tubuh dengan es. Salah satu kuliner Semarang yang terkenal esnya adalah Es Puter Cong Lik. Ada banyak rasa mulai dari durian, cokelat, hingga alpukat.

Perpaduan santan dengan es beserta varian rasa menghadirkan rasa manis dan gurih di lidah. Bagi Anda yang ingin mencobanya, sempatkan hadir di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 11 Karangkidul, Semarang. Dijamin Anda ketagihan dan ingin terus mencoba.

Lima kuliner Semarang ini akan sangat sayang sekali jika Anda melewatkannya. Maka dari itu, jika sempat singgah di Semarang, cobalah untuk mencicipinya. Namun ingat, tetap jaga protokol kesehatan: pakai masker, cuci tangan dengan air, dan menjaga jarak.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ria di Semarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *