4 Destinasi Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

Jika orang Indonesia menyebut kata Jawa Tengah, pasti yang diingat adalah Semarang. Hal ini menjadi wajar karena Semarang adalah ibukota dari Jawa Tengah. Wilayah yang dekat dengan Pelabuhan Tanjung Mas dan pantai utara ini memiliki sejumlah wisata. Maka dari itu, tidak heran jika wisata Semarang menjadi salah satu destinasi yang menjadi favorit bagi wisatawan Indonesia.

Wisata di Semarang mencakup banyak hal. Mulai dari wisata alam seperti pantai dan laut hingga wisata sejarah yang berada di tengah kota. Jika wisata alam terkenal dengan suasana yang rileks, wisata sejarah terkenal dengan romansa. Hal ini tidak lepas dari banyaknya bangunan lama yang tersebar di Semarang.

Lalu, apa saja, sih wisata Semarang yang menjadi favorit bagi wisatawan? Inilah daftar rekomendasi yang perlu Anda ketahui.

1. Lawang Sewu

Ini adalah landmark Semarang sekaligus wisata Semarang yang paling favorit. Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang, sudah pasti harus mengunjungi wisata yang konon memiliki seribu pintu. Ya, Lawang Sewu adalah bahasa Jawa yang ketika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi seribu pintu.

Terletak di Jalan Pemuda atau lebih tepatnya dekat Simpang Lima, Lawang Sewu mencitrakan dirinya sebagai bangunan kolonial yang megah. Disebut kolonial karena memang dulunya pernah dipakai sebagai Kantor Pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda.

Selain itu, pernah pula dipakai sebagai Kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia. Lawang Sewu sempat dikenal sebagai kawasan horor karena lama tidak digunakan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Lawang Sewu beralih fungsi menjadi museum sekaligus tempat wisata.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Sebagai salah satu wisata Semarang yang cukup unik, Klenteng Sam Poo Kong menjelma sebagai destinasi favorit. Tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri melainkan juga luar negeri.

Dahulu, sebelum menjadi Klenteng Sam Poo Kong, tempat ini adalah daratan yang disinggahi oleh Laksamana Cheng Ho. Kemudian, untuk menghormati peristiwa tersebut, dibuatlah Klenteng Sam Poo Kong.

Saat ini, Klenteng Sam Poo Kong merupakan wisata Semarang yang sering digunakan sebagai festival keagamaan. Selain itu, jika pada malam hari, sangat cocok untuk digunakan berswafoto.

3. Kota Lama

Ini adalah wisata Semarang yang sedang digandrungi oleh generasi milenal dan generasi Z. Sejak direnovasi oleh pemerintah setempat, Kota Lama menjadi pusat kedua generasi tersebut untuk berswafoto.

Kota Lama dikenal sebagai daerah yang berisi bangunan-bangunan bersejarah. Sejumlah gedung tua sejak dari abad ke-19 dan 20 itu menjadi saksi bahwa Semarang pernah menjadi sentra perdagangan.

Terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kota Lama bebas dari biaya masuk sehingga banyak wisatawan berkumpul di sini. Anda bisa mengunjungi gedung tua seperti Gereja Bleduk atau mengunjungi sejumlah kafe dengan arsitektur bergaya Eropa.

4. Pantai Marina

Salah satu wisata alam di Semarang yang menarik perhatian wisatawan adalah Pantai Marina. Pantai ini cocok bagi Anda yang merupakan pasangan ingin menikmati sunset. Ya, Pantai Marina menawarkan sensasi pemandangan yang menakjubkan khususnya ketika matahari terbenam. Menariknya, Anda juga bisa menggunakan kapak untuk berkeliling di sini. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa menikmati seluruh area Pantai Marina yang terletak di Tawang Sari, Semarang.

Itulah empat tempat wisata di Semarang yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya, masih banyak tempat wisata di Semarang yang belum ditampilkan di sini. Akan tetapi, setidaknya empat destinasi wisata itu bisa menjadi rencana perjalanan bagimu saat memilih menghabiskan akhir pekan di Semarang.

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di Semarang, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana Semarang melalui gawai atau kamera. Tetap perhatikan protokol kesehatan, ya. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan air, dan jauhi kerumunan.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ria di Semarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *