5 Manfaat Jambu Kristal, Redakan Flu dan Tingkatkan Imun

Jambu kristal menjadi salah satu buah primadona yang sering kali dikonsumsi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apabila ada saudara yang terkena penyakit demam berdarah, buah yang satu ini memang selalu menjadi menu wajib yang selalu diberikan. Tetapi sebenarnya terdapat banyak manfaat yang terkandung pada jambu mulai dari daun sampai hingga buahnya.

Buah yang memiliki nama latin Psidium Guajava ini sebenarnya tumbuh dan dikembangkan di Amerika. Memiliki ciri warna hijau kekuningan dan bagian daging buah berwarna merah atau putih. Biji buah di bagian tengah memiliki ukuran kecil-kecil dan manis. Dan sangat cocok dijadikan jus karena memiliki warna khas berwarna merah.

Di dalam setiap Jambu kristal terdapat beberapa kandungan gizi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Menurut penelitian, di dalam 100 gram Jambu kristal terdapat kandungan:

  • Thiamin (Vitamin B1): 0,02 mg
  • Beta karoten: 27 mcg
  • Vitamin C: 87 mg
  • Seng (zinc): 0,3 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,03 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Niasin: 0,8 mg
  • Serat: 2,4 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Zat besi: 1,1 mg
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Energi: 49 kal
  • Air: 86 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Fosfor: 28 mg

Bukan hanya kaya akan nutrisi seperti penjelasan di atas, di dalam buah Jambu kristal juga mengandung vitamin A serta folat. Pemberi warna merah dalam jambu didapatkan dari kandungan karoten pada biji dan senyawa likopen. Manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi Jambu kristal seperti berikut ini.

5 Manfaat Jambu kristal

1. Meningkatkan Sistem Imun

Pada sebuah penelitian Jambu kristal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan survei membuktikan jika kandungannya 4 kali lebih besar apabila dibandingkan dengan buah jeruk. Senyawa antioksidan tersebut tentu saja sangat dibutuhkan tubuh untuk mempertebal imunitas. Senyawa tersebut juga sangat bagus untuk meregenerasi sel dan jaringan yang di serang radikal bebas atau virus.

2. Mampu Meredakan Flu

Fungsi ikan sebagai penunjang kekebalan, Jambu kristal juga bisa digunakan untuk meredakan penyakit flu dan batuk. Antioksidan yang ada di dalamnya sangat bagus untuk memecah lendir ketika seseorang yang sedang mengalami flu atau gejala batuk. Peradangan tenggorokan juga sangat bagus diobati apabila Anda mengkonsumsi teh berbahan dari daun Jambu kristal.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Pada buah yang satu ini juga terdapat kandungan serat yang bagus untuk organ sistem pencernaan manusia. Satu buah saja sudah mengandung sekitar 12% serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita selama seharian penuh.  Apabila seseorang terkena penyakit diare atau sembelit, mengkonsumsi Jambu kristal juga dapat mengurangi penyakit tersebut.

4. Mampu Melawan Kanker

Tumbuhan yang bisa dimanfaatkan keseluruhan dari daun sampai buahnya tersebut, juga memiliki khasiat untuk melawan sel kanker. Sejumlah penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker darah, melanoma, kanker prostat dapat diatasi dengan mengkonsumsi Jambu kristal secara rutin. Kandungan antioksidan dan anti kanker sangat bagus melawan kanker yang telah menyebar.

5. Meredakan Stres

Bagi para pekerja yang membutuhkan obat untuk menurunkan stres, mengkonsumsi Jambu kristal juga menjadi salah satu alternatif. Kandungan magnesium yang terdapat pada buahnya mampu mengendurkan syaraf ketika dalam kondisi. Selain itu juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat ketika seseorang sudah mulai berumur tua.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari Jambu kristal. Untuk mendapatkan Jambu kristal dengan kualitas terbaik dan fresh langsung dari petani Anda dapat membelinya di TaniHub.

Di platform ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan sayur dan buah yang tentunya fresh karena dipanen langsung dari petani. TaniHub juga memberikan layanan berupa pengiriman sayur ke kota Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali. Anda hanya perlu mengatur area pengiriman dimana Anda tinggal, maka pesanan akan segera datang ke rumah Anda dengan selamat. Selamat berbelanja 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *