Opini: Mengapa Alpina B5 GT bukan sekadar BMW M5 CS yang di-rebadge

Sangat menggoda untuk melihat Alpina B5 GT sebagai jawaban untuk BMW M5 CS, tapi petunjuknya ada di namanya. Alpina diberi lencana ‘Grand Touring’ sedangkan mobil M diberi label ‘Club Sport’.

Oleh karena itu Anda dapat menjamin bahwa sementara CS telah (sangat berhasil) pergi mencari padang rumput lebih hardcore dibandingkan dengan BMW M5 biasa, B5 GT baru ini akan mempertahankan kepribadian yang terkendali sempurna seperti model yang ada.

Pada dasarnya, begitu sedikit yang berubah sehingga B5 GT benar-benar akan menggantikan B5 Bi-Turbo; tidak akan ada B5 ‘biasa’. Mungkin, lebih baik memikirkan GT seperti yang biasanya Alpina beri nama B5 S – ‘S’ sering ditambahkan untuk facelift paruh baya, bersama dengan lebih banyak tenaga dan tweak sasis kecil.

Adapun jumlah terbatas 250 mobil (versus sekitar 1000 untuk M5 CS), itu adalah jumlah yang sangat kecil menurut standar 5 Series Touring reguler tetapi mungkin tentang apa yang diharapkan Alpina untuk dijual.

Untuk generasi E60, hanya 179 contoh B5 S pasca-facelift yang terjual di seluruh sedan dan wagon. Untuk generasi F10, hanya 366 mobil yang terjual selama seluruh proses produksi, termasuk 50 unit B5 Bi-Turbo Edition 50.

Bukan berarti ini akan melemahkan betapa istimewanya mobil B5 GT itu. Kabin mewah, 626lb ft(!), dengan lembut meningkatkan dinamika dan roda ‘Marron Volciano’ itu. Adik laki-laki B3-nya akan unggul di jalan-B, tetapi di tempat lain GT akan menjadi raja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *