Jaguar Land Rover membukukan kuartal pertama yang menguntungkan sejak 2020

Jaguar Land Rover telah membukukan keuntungan kuartal pertama sejak 2020 di belakang meningkatnya penjualan jajaran Range Rover-nya, terutama di AS.

Perusahaan milik Tata itu mengatakan memperoleh laba £265 juta sebelum pajak pada kuartal yang berakhir 31 Desember, naik dari kerugian £52 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Kuartal menguntungkan terakhir JLR adalah tiga bulan terakhir tahun 2020, dengan perusahaan kemudian menghadapi tantangan kenaikan biaya, kekurangan suku cadang utama termasuk semikonduktor, dan kesulitan meningkatkan produksi model Range Rover dan Range Rover Sport utamanya.

JLR membukukan wholesales (penjualan ke dealer) sebesar 92.345 untuk kuartal tersebut, termasuk penjualan dari perusahaan patungan China, naik dari 89.899 pada kuartal sebelumnya. Penjualan ritel sedikit turun menjadi 84.827 dari 88.121, dengan penurunan penjualan di China dan Inggris didorong oleh kenaikan penjualan di AS, pasar terbesar perusahaan untuk kuartal tersebut.

Model bermerek Range Rover menyumbang lebih dari setengah dari semua grosir dikurangi angka China, dengan penjualan 40.200.

Buku pesanan JLR tetap terlalu besar di 215.000, dengan 74% di antaranya untuk Range Rover, Range Rover Sport, dan Defender. JLR menggambarkan ketiganya sebagai “model paling menguntungkan” dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan telah memprioritaskan model dengan margin lebih tinggi ini selama krisis chip, dengan konsekuensi penjualan mobil yang lebih kecil.

Discovery Sport, yang secara tradisional merupakan salah satu penjual terbesar JLR, mencatat penjualan grosir hanya 6369 secara global untuk kuartal tersebut, dibandingkan dengan 23.816 untuk Land Rover Defender, model terlarisnya.

Penemuan yang lebih besar adalah penjualan Land Rover yang paling lambat, dengan hanya 1984 unit sepanjang kuartal tersebut. Jaguar membukukan penjualan 16.257 untuk kuartal tersebut, dengan F-Pace penjualan terbesarnya. Penjualan I-Pace merosot ke 1111 untuk kuartal tersebut, turun dari 1566 dalam tiga bulan sebelumnya.

JLR mengatakan kekurangan chip telah mereda pada kuartal tersebut untuk membantu mendorong volume yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *