Perangkat lunak keselamatan Volvo adalah ‘sabuk pengaman digital’ untuk era baru

CEO Volvo Jim Rowan mengatakan peranti lunak generasi mendatang buatan pembuat mobil itu akan menjadi “sabuk pengaman digital tiga titik” dalam mendorong inovasi produk dan keselamatan di masa depan.

Orang Inggris itu adalah pilihan yang mengejutkan untuk menggantikan Håkan Samuelsson di perusahaan Swedia pada Maret tahun lalu, mengingat semua pengalaman sebelumnya berada di industri teknologi, terakhir di Dyson.

Berbicara kepada Autocar untuk pertama kalinya, dia mengatakan dia ingin EX90 – andalan baru Volvo dan EV pesanan pertama – untuk memimpin muatan teknologi industri otomotif.

SUV seharga £96.255 – yang juga merupakan kunci target Volvo untuk menjual 1,2 juta mobil (600.000 EV) per tahun pada tahun 2025 – digambarkan sebagai kendaraan yang digerakkan oleh perangkat lunak.

Berkat serangkaian sensor dan teknologi canggih, termasuk sistem lidar pertama yang dipasang sebagai standar pada mobil produksi, EX90 diklaim pada akhirnya mampu “mengemudi tanpa pengawasan”.

Menurut Rowan, EX90 menunjukkan bagaimana Volvo akan bekerja sama dengan perusahaan mitra tetapi tetap mengembangkan teknologi utama secara internal.

“Perusahaan otomotif mulai memahami silikon generasi mendatang dan pentingnya dalam desain,” katanya.

“Lapisan aplikasi” EX90 – yang berarti lidar, radar, kamera, dan sensor lainnya – ditenagai oleh chip Nvidia Odin yang dapat melakukan 254 triliun operasi per detik (TOPS).

Ini sebanding dengan sekitar satu TOPS untuk chip otomotif satu dekade lalu. “Tumpukan perangkat lunak, yang menghubungkan silikon ke lapisan aplikasi, adalah bagian yang sangat kami pedulikan,” kata Rowan. “Itu bagi kami adalah sabuk pengaman digital tiga titik.

“Kami memiliki tim yang terdiri lebih dari 700 orang yang menulis perangkat lunak persepsi dan fusi sensor. Dalam kasus lain, perusahaan telah mengalihdayakan itu, tetapi kami pikir itu benar-benar inti, jadi kami menyimpannya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *