Di bawah kulit: Bagaimana sabuk pengaman yang dipanaskan dapat meningkatkan jangkauan EV

Bahkan dalam krisis bahan bakar tahun 1960-an dan 1970-an, yang jauh lebih buruk daripada apa pun yang kita alami saat ini, hanya sedikit upaya yang dilakukan untuk mencari cara membuat mobil lebih hemat energi.

Butuh waktu lama, pemanasan global dan dunia menyadari perlunya keberlanjutan untuk membuat perusahaan mencari cara membuat mobil lebih efisien. Sepintas lalu, beberapa di antaranya mungkin tampak tidak bermanfaat, tetapi sains menyarankan sebaliknya. Salah satu ide terbaru yang muncul adalah sabuk pengaman berpemanas dari ZF.

Pemanasan langsung di dalam kabin adalah sesuatu yang telah dipertimbangkan secara serius oleh produsen dan pemasok sebagai cara untuk memanaskan tubuh penumpang secara langsung, dengan menggunakan pancaran panas daripada memanaskan udara kabin, yang menghabiskan banyak tenaga.

Tidak apa-apa ketika mobil memiliki mesin pembakaran yang menghasilkan banyak limbah panas, tetapi tidak begitu baik dengan mobil listrik. Dalam hal ini, pemanas kabin mengambil energi dari baterai, yang dalam cuaca yang sangat dingin secara signifikan mengurangi jangkauan mobil.

Beberapa metode pemanasan langsung telah diterapkan. Kursi berpemanas telah ada sejak tahun 1960-an, dan saat ini kursi berpemanas telah menjadi perlengkapan yang kokoh dalam daftar opsi.

Pengemudi EV akan melihat bahwa meskipun jangkauan yang tersedia turun drastis saat panas kabin dihidupkan, hal yang sama tidak berlaku untuk dua opsi pemanasan langsung ini, namun keduanya secara signifikan meningkatkan kenyamanan dalam cuaca dingin.

ZF mengklaim sabuk pengaman berpemanasnya dapat meningkatkan jangkauan EV hingga 15% dengan mengurangi energi yang dibutuhkan untuk memanaskan udara kabin. Mereka terbuat dari anyaman baru dengan konduktor listrik tertanam yang hanya sedikit meningkatkan ketebalan dibandingkan dengan barang standar, proses tekstil yang dikembangkan secara khusus menganyam elemen konduktif ke dalam bahan.

Meskipun ZF belum memberikan detail spesifik, sambungan listrik ke elemen pemanas dirancang agar tidak bertentangan dengan cara sabuk pengaman ditarik keluar dari casingnya saat penumpang memakainya atau saat ditarik kembali. Faktanya, idenya adalah, kecuali beberapa sirkuit listrik tambahan, pabrikan mobil tidak perlu melakukan perubahan signifikan untuk menyesuaikannya.

ZF mengatakan ada juga manfaat keamanan dalam mengurangi sebagian besar pakaian yang harus dikenakan penumpang agar tetap hangat dan dengan demikian membiarkan sabuk pengaman lebih dekat ke tubuh.

Tentu saja, meskipun efektif, terutama dalam hubungannya dengan kursi berpemanas, memungkinkan inti tubuh dipanaskan dari kedua sisi, mereka tidak akan berbuat banyak untuk kaki yang dingin. Tetapi karena metode pemanasan baru ini berkembang dari satu kali menjadi sistem, penambahan panel pemanas berseri yang ditempatkan secara strategis di footwell mobil akan menanganinya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *