Zona Udara Bersih: apa yang perlu Anda ketahui

Namun, meskipun kendaraan Anda berada di luar Euro 4 atau 6, Anda mungkin masih dapat menghindari biaya, tergantung jenis kendaraannya dan jenis CAZ yang ingin Anda lewati. Ada empat jenis CAZ, yang masing-masing menargetkan kelas kendaraan yang berbeda. Ini adalah:

(1) Kelas A – yang menargetkan bus, gerbong, taksi, dan kendaraan sewaan pribadi (PHV).

(2) Kelas B – yang menargetkan bus, gerbong, taksi, PHV, dan kendaraan barang berat (HGV),

(3) Kelas C – yang menargetkan bus, gerbong, taksi, PHV, HGV, dan kendaraan barang ringan (LGV),

(4) Kelas D, jangkauan paling luas – yang menargetkan bus, gerbong, taksi, PHV, HGV, LGV, dan mobil.

Sebagian besar CAZ yang dijadwalkan untuk diperkenalkan di Inggris Raya adalah Kelas D. Tetapi kota-kota seperti Bath dan Portsmouth hanya akan menjadi Kelas C, jadi di kota-kota ini, pengemudi kendaraan penumpang reguler tidak perlu membayar.

Terakhir, penting untuk dicatat bahwa hampir semua CAZ membuat pengecualian khusus untuk penduduk di dalam zona, pemegang Blue Badge, dan kendaraan dengan kelas pajak penyandang cacat, meskipun skala pengecualian yang ditawarkan bervariasi antar kota.

KOTA MANA YANG MENDAPATKAN CAZ?

Bristol – diluncurkan 28 November 2022

Jenis zona: Kelas D

Biaya per hari untuk HGV, bus, dan pelatih: £100

Biaya per hari untuk taksi: £9

Biaya per hari untuk mobil penumpang reguler: £9

Bristol akan mengadopsi apa yang dikenal sebagai Small CAZ D. Ini akan mencakup area yang relatif kecil tetapi membatasi mobil pribadi dan kendaraan komersial yang lebih tua dan lebih berpolusi. Zona tersebut, yang akan beroperasi setiap saat, termasuk hari libur bank, akan terdiri dari area yang relatif kecil mulai dari pusat Bristol hingga Temple Quay dan sekitarnya. LGV, bus, coach, dan taksi yang tidak patuh serta kendaraan pribadi yang tidak patuh akan dikenakan biaya untuk memasuki zona tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *