Car of the Year 2023 diumumkan

Tujuh mobil dalam daftar pendek Car of the Year 2023 telah diumumkan sebelum pemenang diumumkan pada bulan Januari.

Mobil yang terpilih adalah Jeep Avenger, Kia Niro, Nissan Ariya, Peugeot 408, Renault Austral, Subaru Solterra/Toyota bZ4X, dan Volkswagen ID Buzz.

Pemenang akan diumumkan di pameran mobil Brussel pada 13 Januari, tempat baru untuk pengumuman penghargaan.

Autocar adalah salah satu dari sembilan sponsor penghargaan dari seluruh Eropa, dan juri pemungutan suara tahun ini terdiri dari 58 juri dari 22 negara.

Ketujuh mobil tersebut dipilih dari daftar panjang 27 mobil. Mobil-mobil seperti BMW iX1, Dacia Jogger, Honda Civic, MG 4, Range Rover, Toyota GR86 dan Vauxhall Astra termasuk dalam daftar panjang yang tidak lolos.

Lima dari tujuh mobil terpilih adalah listrik. Avenger adalah Jeep pertama yang dirancang dan direkayasa secara eksklusif untuk Eropa, sedangkan merek saudara Stellantis Peugeot diwakili dengan 408, SUV-estate hybrid baru.

EV lain dalam daftar termasuk Niro, yang juga ditawarkan sebagai hybrid; Ariya, Nissan listrik kedua setelah Nissan Leaf; Solterra dan bZ4X yang dikembangkan bersama yang berbagi entri terpilih; dan ID Buzz, van kemping VW terkenal yang terlahir kembali untuk era listrik.

Austral, sementara itu, adalah SUV hybrid baru yang menggantikan Renault Kadjar.

Pemenang tahun lalu adalah Kia EV6, pertama kali merek Korea memenangkan penghargaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *