Hyundai menciptakan kembali konsep Pony tahun 1974

Awal tahun ini, Hyundai menunjukkan N Vision 74 yang spektakuler, ‘laboratorium bergulir’ sel bahan bakar hidrogen yang terinspirasi oleh salah satu mobil paling awal – konsep Pony Coupé yang dibuat pada tahun 1974.

Tetapi tidak mungkin merayakan secara langsung hubungannya dengan mobil aslinya, yang hilang dan diyakini telah dihapus pada akhir tahun 1970-an.

Ketertarikan Hyundai yang semakin besar pada sejarah awalnya kini telah melihat bahwa kerugian tersebut terkoreksi dalam gaya spektakuler dengan pembuatan kembali mobil aslinya, bekerja sama dengan desainer aslinya, Giorgetto Giugiaro – kemitraan tersebut diumumkan hari ini pada sebuah upacara di Korea.

Pony adalah mobil pertama yang diproduksi oleh Hyundai sendiri, setelah sebelumnya merakit Ford Cortinas dengan lisensi. Desain dikontrak oleh ItalDesign Giugiaro selama salah satu periode paling produktifnya dan masuk dalam daftar antara Alfasud dan Volkswagen Golf Mk1.

Tetapi perusahaan ingin memiliki versi yang lebih menarik daripada hatchback utilitarian untuk pameran motor Turin 1974 sehingga memerintahkan Giugiaro untuk merancang versi coupé dengan luas lantai dan paket mekanis yang sama.

Hasilnya rendah, tampak atletis, dan memiliki bahasa bentuk wedgy yang telah dilatih oleh pembeli zaman untuk diasosiasikan dengan mobil sport modern.

Tetapi prospek dari apa yang akan menjadi mesin Mitsubishi yang dibeli dengan kurus dan poros belakang pegas daun berarti bahwa itu tidak membuat produksi, dan konsep pertunjukan menghilang segera setelah itu. Giugiaro kemudian mendaur ulang banyak ide darinya menjadi Delorean DMC-12.

Mobil baru ini akan menjadi replika yang tepat dari Pony Coupé asli, bukan restomod. Ini akan dibangun sebagai satu kali untuk koleksi perusahaan Hyundai dan dikirimkan musim semi mendatang. Namun kami diberitahu bahwa prospek kolaborasi di masa mendatang berdasarkan beberapa karya Giugiaro lainnya untuk Hyundai sedang dipertimbangkan secara aktif. Dia melakukan eksterior untuk semua mobil perusahaan hingga tahun 1990-an sehingga ada banyak sejarah bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *