Mobil otonom Volkswagen menjadi arus utama pada tahun 2030, kata CEO

Mobil otonom Volkswagen akan menjadi arus utama secara global pada akhir dekade ini, menurut Thomas Schafer, dengan divisi kendaraan komersial (CV) yang memimpin.

Komentar Schafer dibuat di tengah berita baru-baru ini bahwa Argo, start-up self-driving yang berbasis di AS di mana Volkswagen menginvestasikan lebih dari $2,6 miliar pada tahun 2019 ditutup. Menanggapi langkah tersebut, VW mengatakan sedang “mengkonsolidasikan kemitraan pengembangannya,” menambahkan: “Tujuan kami adalah untuk menawarkan kepada pelanggan kami fungsi yang paling kuat sedini mungkin dan untuk mengatur pengembangan kami seefektif mungkin.”

Bersamaan dengan divisi CV-nya, perusahaan perangkat lunak VW, Cariad, akan mendorong pengembangan otonom di China sementara Bosch akan menjadi mitranya di seluruh dunia.

Rencana pembuat mobil Jerman untuk mengemudi secara otonom telah tertunda secara signifikan, tetapi tidak lebih dari para pesaingnya. Semua telah dihadapkan pada besarnya penerapan mengemudi otonom di tengah latar belakang jatuhnya miliaran dalam elektrifikasi, pandemi global, kekurangan chip, dan masalah undang-undang global seputar teknologi.

Schafer berkata: “Teknologinya tersedia dan kami mengemudi di Hamburg dan Munich secara mandiri. Biaya mobil masih mahal karena sangat sedikit yang diproduksi. Dan selalu ada kebutuhan untuk membuktikan bahwa sistem mengemudi lebih baik daripada manusia. Undang-undang untuk itu sangat besar. Ini benar-benar berbeda dari satu negara ke negara lain.”

Dia melanjutkan: “Anda harus fokus [autonomous driving] dan itulah mengapa kami bekerja keras di divisi CV, karena begitu hal itu terjadi, itu membuka kumpulan keuntungan dan peluang. Saya tidak akan mengatakan pemenang mengambil semuanya tetapi ini adalah permainan yang harus Anda mainkan lebih awal. Anda tidak bisa menunggu dan kemudian maju cepat, jadi itulah mengapa kami benar-benar fokus padanya.”

Menjelaskan beberapa masalah VW meluncurkan kendaraan self-driving, Schafer menambahkan: “Ini tidak sepele seperti kelihatannya. Itu adalah undang-undang, sistem kamera, chip, konsumsi energi, dan kecepatan kalkulasi. Mobil akan menjadi perangkat pengumpulan data terbesar yang pernah ada. Ini benar-benar rumit.”

Dalam jangka menengah, tujuan VW adalah agar pelanggan dapat memesan VW ID Buzz yang mengemudi secara otonom melalui layanan transportasi Moia di Hamburg pada tahun 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *