Mazda mengisyaratkan MX-5 elektrik dalam strategi EV yang direvisi

Christian Schultze, direktur penelitian dan operasi Mazda Motor Europe, menjelaskan dalam sebuah video yang diterbitkan tahun lalu: “Berdasarkan kebutuhan pelanggan yang berbeda untuk mobilitas individu, kondisi mengemudi setempat, dan jejak karbon dari bahan bakar dan listrik yang tersedia, kami bertujuan untuk menawarkan powertrain yang paling cocok.

“Oleh karena itu, tidak ada solusi ‘paling berkelanjutan’ untuk pilihan powertrain yang cocok untuk semua pelanggan di semua lokasi di seluruh dunia.”

Strategi ini dimulai dengan MX-30; mobil baterai-listrik pertama perusahaan, diluncurkan awal tahun lalu. SUV andalan CX-60 mengikuti tahun ini dengan powertrain hybrid plug-in bensin, dan versi diesel hybrid ringan akan tiba pada awal 2023.

Rencananya akan dilanjutkan dengan versi bensin-range-extender dari MX-30; menyelesaikan jarak 124 mil terbatas yang sering dikritik versi listrik murni. Setelah itu, model baru yang diberi nama ‘CX-80’ – varian tambahan dari CX-60 dengan tiga baris kursi – akan hadir sebagai andalan baru merek tersebut.

“Kami percaya bahwa pendekatan multi-solusi akan efektif,” kata CEO Mazda Akira Marumoto kepada wartawan hari ini.

Fase kedua dari strategi tersebut, antara 2025 dan 2027, akan melihat Mazda memperkenalkan sistem hybrid baru dan model baterai-listrik tambahan “karena peraturan menjadi lebih ketat, terutama di Eropa”.

Ini mengacu pada proposal emisi Euro 7 yang dibuat pada 10 November, yang akan menurunkan emisi NOx sebesar 35% dibandingkan dengan Euro 6 dan mengurangi partikulat knalpot sebesar 13%.

Aturan telah menarik api dari seluruh industri. Oliver Zipse – kepala grup lobi ACEA dan CEO BMW – mengatakan: “Sayangnya, manfaat lingkungan dari [European] proposal komisi sangat terbatas, padahal itu sangat meningkatkan biaya kendaraan.” Sementara itu, kepala divisi listrik Model E Ford Eropa, Martin Sander, mengatakan hal itu akan merusak peralihan ke model listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *