Dari arsip motorsport: pada hari ini di tahun 1962

Grand Prix Meksiko jarang kekurangan drama dan pementasan tahun 1962 pasti memberikan bagiannya. Edisi 16 November kami memuat cerita lengkap tentang balapan yang mengasyikkan, tetapi juga berita duka atas meninggalnya pembalap tuan rumah Ricardo Rodriguez pada hari pertama latihan.

Rodriguez, “senang dengan penanganan Lotus-Climax Rob Walker”, mencoba mengambil sudut yang membelok untuk mengejar waktu putaran yang lebih cepat. Sayangnya, petenis Meksiko berusia 20 tahun yang menjanjikan itu “menghantam benturan kecil dan kehilangan kendali”. Dia bertabrakan dengan penghalang benturan baja “dengan kecepatan lebih dari 100mph dan terlempar keluar”, tewas saat dia mendarat di tiang besi.

Untuk balapannya sendiri, tidak berjalan mulus. Start ditunda karena Jim Clark’s Lotus gagal menyala dan, saat sedang dirawat, “banyak mobil mendidih dan keduanya [John] Surtees’ dan [Walt] Teratai Hansgen terbakar”. Clark akhirnya didorong, “di mana dia menerima bendera hitam di lap 11”.

Clark kemudian mengambil alih mobil rekan setimnya yang berada di posisi ketiga Trevor Taylor dan “secara bertahap memecahkan rekor putaran” untuk memimpin dan menang. “Kemenangan Clark adalah demonstrasi indah dari mengemudi yang kompeten dan konsisten yang benar-benar terlihat [his] kaliber,” laporan kami menyimpulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *