Dari arsip: pada hari ini di tahun 1962

Pameran Tokyo Motor mencerahkan kesuraman akhir musim gugur setiap dua tahun – tidak adanya izin pandemi global – dengan rangkaian peluncuran yang memukau.

Tapi ada trio pendatang baru yang sangat signifikan di pameran tahun 1962: mobil pertama Honda, roadster S360 dan S500 dan pick-up mini T360. S500 dan T360 melanjutkan produksi pada tahun berikutnya.

Laporan acara dalam edisi 16 November kami juga menandai yang pertama. Dengan “kemakmuran yang meningkat di Jepang, ada peningkatan permintaan untuk simbol status, dan Pangeran Gloria dan Nissan Cedric tersedia dengan mesin enam silinder pertama yang diproduksi untuk mobil penumpang Jepang”, tulis editor teknis Harry Mundy.

“Penekanan pada kemewahan baru” berarti bahwa “sebagian besar pabrikan telah memproduksi versi de luxe dari sebagian besar model tahun ini”.

Seiring dengan kemakmuran, produksi mobil di Jepang juga meningkat pesat dan pemerintah “prihatin dengan kebutuhan untuk meningkatkan ekspor”. Namun, Mundy blak-blakan: “Saat ini, harga pasti terlalu tinggi untuk bersaing dengan produk Eropa yang diproduksi secara massal.”

Waktu berubah, tentu saja, dan sementara pembuat mobil Jepang telah berkembang dengan berkembang selama 60 tahun, pameran Tokyo juga berkembang: pameran ini akan berganti nama pada tahun 2023 sebagai pameran Japan AllIndustry, dengan penekanan pada perusahaan mobilitas dan start-up – sedikit seperti Honda pada tahun 1962.

Uji jalan 1.901 – Triumph Spitfire

Autocar road test nomor 1901 pada 16 November 1962 dimulai dengan kata-kata yang memiliki resonansi khusus hari ini: “Untuk waktu yang lama, rangkaian mobil sport dua tempat duduk yang murah terbatas pada terlalu sedikit merek, jadi setiap pendatang baru di bidang ini terutama selamat datang.” Pendatang baru dalam hal ini adalah Triumph Spitfire, dengan mesin 1147cc berbasis Herald, ditingkatkan untuk menghasilkan 63bhp dan “akselerasi cepat” (0-50mph dalam 10,9 detik tetapi 0-60mph dalam 17,3 detik). Kecepatan tertinggi adalah 92 mph, dikreditkan untuk 1,1 liter. Dan harganya sangat terjangkau: £640, setara dengan £10.700 hari ini

Ketakutan membeli mobil berakhir

Mobil baru menjadi lebih murah pada tahun 1962 dengan penurunan apa yang disebut koresponden kami, seorang pedagang motor, “pajak pembelian yang sampai sekarang biadab”, tetapi apa artinya ini bagi mobil bekas? “Surat kabar kami memberi tahu kami bahwa efeknya adalah pengurangan instan dari semua harga mobil bekas,” tulis orang kami. “Akan ada cerita biasa tentang penawaran fantastis dan perusahaan tutup dalam semalam.” Namun, trader kami menyarankan, “pasar akan stabil dan nilai jual kembali akan menyesuaikan”. Dia menjanjikan “era perdagangan mobil yang baik dan sehat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *