Opini: Mengapa Volvo EX90 adalah mobil teraman yang pernah dibuat

Keselamatan adalah hal Volvo. Perusahaan ini memiliki sejarah yang membanggakan dalam inovasi berbasis keselamatan, terutama sabuk pengaman tiga titik – yang telah dibuka patennya sehingga perusahaan lain dapat menggunakannya. Diperkirakan inovasi Volvo telah menyelamatkan satu juta nyawa.

Volvo EX90 baru memiliki fitur teknologi keselamatan baru yang terbukti lebih signifikan daripada sabuk pengaman. Masalahnya adalah bahwa itu jauh lebih tidak nyata: itu semua berkaitan dengan sensor, prosesor, dan sistem perangkat lunak mobil yang super kompleks.

EX90 memiliki 16 sensor ultrasonik eksternal, delapan kamera dan lima sistem radar – dan ini akan menjadi mobil produksi pertama yang menampilkan lidar, pemindai berbasis laser yang dapat mendeteksi dan mengidentifikasi objek kecil dari jarak hingga 250m. Dan itu semua dijalankan oleh sistem komputasi Nvidia Drive super cepat yang dapat memproses 254 TOPS – itu adalah triliunan operasi per detik.

Tapi apa artinya itu? Nah, Volvo mengatakan mereka pada akhirnya akan memungkinkan ‘pengemudian tanpa pengawasan’ yang sebenarnya – tetapi yang lebih penting adalah bagaimana sensor tersebut akan bekerja dari peluncuran untuk membantu keselamatan pengemudi.

EX90 dapat merespons objek yang terdeteksi oleh lidar dalam sepersepuluh detik, berpotensi membantu pengendara menghindari rintangan yang bahkan belum mereka lihat.

Dalam kabar baik lebih lanjut untuk pengemudi, juga diklaim bahwa akurasi pemetaan lidar juga akan mencegah mobil terlalu bersemangat menerapkan sistem pengereman darurat otonom ketika tidak ada apa-apa di depan Anda.

Klaimnya adalah bahwa sistem keselamatan yang dipimpin oleh lidar EX90 dapat mengurangi kecelakaan serius hingga 20%. Jika terbukti benar, itu adalah lompatan besar ke depan. Tantangannya adalah menunjukkan bahwa: jika Anda terlibat dalam kecelakaan, Anda akan merasakan sabuk pengaman melindungi Anda. Tetapi jika teknologi keselamatan baru Volvo melakukan tugasnya, itu bisa mencegah kecelakaan tanpa Anda sadari.

EX90 tidak murah: dengan harga £ 100k, sekarang berada di atas rival BMW dan Mercedes – dan sebagian biaya didorong oleh kit lidar yang mahal itu. Klise adalah bahwa Anda tidak bisa memberi harga pada keamanan. Tetapi jika pembeli tidak benar-benar memperhatikan sesuatu, apakah mereka bersedia membayarnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *