Eksklusif: Bos Renault membawa kembali jiwa perusahaan

Apa berikutnya?

“Kami sedang mempersiapkan Renault untuk menjadi sebuah organisasi yang, di antara pembuat mobil tradisional, lebih beradaptasi dengan dunia yang berubah.

“Kami terikat pada rantai nilai klasik yang kami semua tahu; sekarang Anda memiliki mobilitas baru, nilai EV, perangkat lunak rantai, ekonomi sirkular. Ini seperti pindah dari bermain sepak bola ke Olimpiade. Tidak ada yang diatur seperti ini, dan itulah yang kami coba lakukan.

“Dua tahun lalu, kami hampir bangkrut, kami sangat, sangat sakit. Anda tahu apa yang terjadi pada orang yang sangat sakit? Mereka cenderung sangat vital, mereka berani, mereka memiliki prioritas yang tepat, dan itulah yang kami lakukan di Renault.”

Seberapa pentingkah perangkat lunak di masa depan?

“Sangat penting. Kami telah memutuskan, setelah pertempuran internal yang panjang, bahwa kami akan memusatkan arsitektur elektronik mulai dari 2025 dan menerapkannya sepanjang dekade hingga 2030 ke semua mobil. Ini akan memiliki dampak yang sama seperti yang dimiliki smartphone pada industri telekomunikasi. Anda membuat arsitektur lebih kuat, Anda menghubungkannya ke cloud dan [then] Anda memiliki ruang untuk menempatkan lebih banyak data intelijen, karena Anda memiliki kapasitas cadangan.”

Apa yang akan membuat perbedaan?

“Pertama, mobil dapat diupgrade, jadi mereka akan selalu canggih, sedikit seperti Tesla. Tesla mungkin memiliki nilai sisa 70%; mobil saya memiliki 45 sampai 50%. Kedua, akan ada saatnya teknologi ini menjadi lebih murah. Ketiga, dengan memiliki mobil yang terhubung melalui cloud dengan cara yang sederhana, untuk pertama kalinya dalam sejarah Anda berhubungan dengan produk sepanjang siklus hidupnya.

“Anda menggabungkan hal-hal itu dan Anda mengerti mengapa kita perlu menggunakan arsitektur elektronik terpusat. Saya suka ide mobil cerdas. Saya percaya pada mobil yang terhubung lebih dari mengemudi secara otonom. Dengan mengemudi secara otonom, saya tidak benar-benar melihat keuntungan bisnis sebagai pembuat mobil.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *