Analisis: Bagaimana kinerja setiap segmen mobil di Inggris Raya

Jok Leon Honda Civic Vauxhall Astra

Mobil keluarga segmen C memiliki pangsa pasar terbesar, tetapi SUV sekarang mendominasi kelasnya

Crossover dan SUV sekarang menyumbang lebih dari setengah dari semua penjualan mobil baru di Inggris

Satu dekade lalu, industri berbicara tentang fragmentasi pasar. Karena biaya bodyshell turun relatif terhadap biaya sasis, era baru model niche tampak dekat.

Nyatanya, yang terjadi justru sebaliknya. Tiga segmen terbesar (superminis, low-medium dan premium/large SUVs) sekarang mengambil 87,7% dari semua penjualan, sebuah angka rekor. Jika Anda melihat pasar dalam hal bodystyle, crossover/SUV sekarang mencapai 54,8% dari semua penjualan – rekor lain.

Mobil kota segmen A

Segmen ini mencapai puncaknya lebih dari satu dekade lalu di 9,8% pasar, ketika skema scrappage menyebabkan ribuan orang memilih Metro dan Fiesta lama mereka untuk Fiat 500s dan Hyundai i10s. Saat ini, sulit bagi produsen untuk membuat jumlahnya bertambah. Mobil kota dijual dalam volume yang lebih kecil daripada supermini, biaya pembuatannya hampir sama, tetapi dijual dengan harga lebih rendah. Versi BEV akan terlalu mahal untuk model Fiat 500 apa pun, situasi yang membuat Volkswagen, Ford, Nissan, dan lainnya pergi. Toyota memiliki keberanian untuk menciptakan kembali city car sebagai crossover perkotaan – tetapi dengan harga yang sedikit lebih tinggi daripada model tradisional.

Pangsa pasar 2022 3,8%

Pangsa pasar 2021 4.4%

Tiga penjual teratas Fiat 500, Toyota Aygo X, Kia Picanto

segmen B superminis

Segmen B berjalan lebih baik dari sebelumnya, menjadi penerima manfaat dari dua tren yang saling melengkapi: pembeli bermigrasi ke supermini dari city car; dan crossover supermini yang lapang telah menyebabkan meningkatnya minat pembeli.

Aspek yang paling menonjol dari tiga besar adalah model yang tidak muncul. Selama satu dekade, Ford Fiesta adalah mobil terlaris di Inggris, tetapi sekarang hanya menempati urutan ketujuh. Sebagai tanda waktu, Ford mengalokasikan microchip yang langka ke Puma dengan margin lebih tinggi dan akan mengakhiri produksi Fiesta tahun depan.

Pangsa pasar 2022 32,5%

Pangsa pasar 2021 30,4%

Tiga penjual teratas Vauxhall Corsa, Ford Puma, Mini

Mobil keluarga segmen-C

Ini dulu dikenal sebagai mobil keluarga kecil, tetapi sulit untuk menggambarkan Nissan Qashqai saat ini atau bahkan Ford Focus sebagai mobil kecil. Segmen ini menghabiskan 20 tahun mengambil 25% hingga 30% pangsa pasar yang sama seperti supermini, tetapi munculnya crossover telah memungkinkannya untuk maju.

Segmen ini sekarang menjadi yang terbesar di pasar Inggris – bukan karena model hatchback tradisional telah diuntungkan. Lima tempat teratas tahun ini telah diambil oleh crossover, dengan VW Golf di posisi keenam secara keseluruhan.

Mencerminkan tren saat ini, lima dari 10 hatchback/saloon teratas berasal dari Audi, BMW dan Mercedes. Sementara itu, MPV hampir punah: pangsa segmen 2,6% mereka terdiri dari Dacia Jogger plus berbagai model berbasis van.

Pangsa pasar 2022 37,6%

Pangsa pasar 2021 37,8%

Tiga penjual teratas Nissan Qashqai, Kia Sportage, Hyundai Tucson

Mobil keluarga besar segmen-D

Segmen yang merupakan terbesar di Inggris pada masa Ford Sierra sekarang sedikit lebih dari kesalahan pembulatan dalam statistik keseluruhan. Tiga mobil Grup VW adalah satu-satunya yang telah terjual lebih dari 1000 unit untuk tahun ini, meskipun ada lebih dari 20 model (termasuk MPV besar) dalam daftar harga.

Pangsa pasar 2022 1,2%

Pangsa pasar 2021 1,5%

Tiga penjual teratas Skoda Luar Biasa, VW Passat, VW Arteon

Mobil eksekutif kompak segmen D2

Penurunan selama setahun terakhir terlihat serius tetapi, secara historis, segmennya tidak jauh dari 10 tahun yang lalu (6,4%). Meskipun telah kehilangan penjualan ke SUV premium kompak, keuntungan dari sedan keluarga besar. Namun, hal itu kini efektif berakhir karena hampir tidak ada lagi pembeli mobil keluarga besar yang harus ditaklukkan.

Selain Tesla, satu-satunya model non-Jerman yang terjual dalam jumlah signifikan adalah Polestar 2, yang mengungguli Audi A5 dan tepat di belakang Mercedes C-Class. Jaguar menjual nol XE pada bulan September dan hanya 72 unit untuk tahun ini.

Pangsa pasar 2022 4.3%

Pangsa pasar 2021 5,9%

Tiga penjual teratas Tesla Model 3, BMW Seri 3, BMW Seri 4

Mobil eksekutif segmen elektronik

Secara proporsional, segmen eksekutif telah kehilangan lebih banyak pangsa pasar daripada eksekutif kompak: segmen ini turun dua pertiga selama dekade terakhir. Pelakunya tidak sulit untuk diidentifikasi: SUV eksekutif, seperti BMW X5, yang sekarang menjual lebih banyak dari BMW Seri 5. Hanya tiga model Jerman (5 Series, Audi A6, Mercedes-Benz E-Class) yang terjual dalam jumlah besar. Perpindahan ke SUV eksekutif sebagian besar merupakan lalu lintas satu arah: hanya sedikit pembeli yang kembali ke salon setelah membeli SUV.

Pangsa pasar 2022 1,4%

Pangsa pasar 2021 1,6%

Tiga penjual teratas BMW Seri 5, Audi A6, Mercedes E-Class

Mobil mewah segmen-F

Segmen sedan mewah, yang merupakan benteng dari model tradisional seperti Mercedes S-Class dan Jaguar XJ, tiba-tiba menjadi penentu kecepatan. Sektor khusus saloon ini mencapai pangsa pasar terbaiknya. Mengingat hampir-hampirnya model listrik (Audi E-tron berada di tempat kedua dan Mercedes EQS di urutan keempat), keputusan Jaguar untuk tidak meluncurkan XJ listrik yang siap di showroom terlihat aneh setiap bulannya.

Pangsa pasar 2022 0,6%

Pangsa pasar 2021 0,4%

Tiga penjual teratas Porsche Taycan, Audi E-tron, BMW Seri 7

Mobil sport dan coupés

Dulu ada dua segmen sport/coupé yang berbeda: terjangkau dan mewah/supercar. Namun, hanya ada satu mobil sport yang benar-benar terjangkau yang tersisa, Mazda MX-5, dan produksi Audi TT akan berakhir tahun depan. Ujung segmen mewah/supercar statis, baik di Inggris maupun secara global. Itu menunjukkan mengapa McLaren merencanakan SUV. Ferrari adalah satu-satunya pembuat yang secara menguntungkan dapat menjual lebih dari 5000 supercar per tahun.

Pangsa pasar 2022 1,0%

Pangsa pasar 2021 1,0%

Tiga penjual teratas Porsche 911, Audi TT, Mazda MX-5

SUV premium/besar

Ini adalah segmen yang beragam, mulai dari Volvo XC40 hingga model mewah seperti Range Rover. Terlepas dari keragamannya, Jaguar Land Rover akan selalu memimpin, yang terbaru dengan Evoque. Namun, menurun tajam dalam dua tahun terakhir, kini menempati posisi keempat. Bahkan, satu-satunya model JLR yang masih memimpin sub-segmennya adalah Range Rover Sport, yang merupakan SUV mewah terlaris.

Sub-segmen yang berkinerja terbaik adalah SUV kompak eksekutif (naik 20,6%). Ini termasuk model seperti BMW X3 dan Volvo XC60.

Pangsa pasar 2022 17,6%

Pangsa pasar 2021 17,0%

Tiga penjual teratas Tesla Model Y, Volvo XC40, BMW X3

Pertarungan untuk posisi teratas

Sangat tepat bahwa Vauxhall Corsa dan Nissan Qashqai berjuang untuk posisi teratas (per Oktober, Qashqai memimpin tipis Corsa, menurut data SMMT terbaru). Inggris memiliki supermini sebagai mobil terlaris selama lebih dari satu dekade, tetapi crossover segmen-C sekarang menjadi jenis mobil paling populer, dengan 250.000 penjualan sepanjang tahun ini.

Perusahaan mobil mengatakan crossover menawarkan margin yang lebih tinggi daripada hatchback. Itu benar, tetapi itu hanya setengah dari cerita. Crossover adalah margin yang lebih tinggi karena permintaan untuk mereka tumbuh. Setelah pertumbuhan crossover berakhir, pasar crossover akan sama kompetitifnya seperti sekarang untuk hatchback. Crossover bukanlah jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana meningkatkan profitabilitas dalam industri dengan margin rendah: mereka hanya menawarkan beberapa bantuan sementara.

David Francis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *