Bagaimana MG berencana untuk menjaga momentum penjualan terus bergulir hingga tahun 2023

Pelacakan kuartal depan MG 4 2022

MG 4 baru akan menjadi kunci strategi merek

Mempertahankan stok mobil baru telah menjadi kunci kebangkitan MG yang meroket, tetapi menghadapi tantangan karena kelangkaan berkurang

Begitu antusiasnya MG untuk terus meningkatkan pangsa pasarnya yang sudah mengesankan sehingga solusinya untuk kekurangan pengiriman adalah dengan mengimpor mobilnya dari China melalui kontainer dan juga dengan feri. “Ini sangat mahal, tapi momentum adalah segalanya,” kata direktur komersial MG Guy Pigounakis kepada Autocar.

MG, yang dimiliki oleh SAIC China, telah merobek grafik penjualan tahun ini. Pada akhir Oktober, ia berada di posisi ke-12 di depan Mini, Citroen, Dacia, Fiat, Honda, Jaguar, Land Rover, Mazda, Renault, Seat, Skoda, Tesla dan Volvo, menurut data dari Society of Motor Manufacturers and Pedagang (SMMT).

Merek tersebut, yang masih menyandang lencana yang pertama kali muncul pada tahun 1923, kini memiliki pangsa 3,2% di pasar Inggris berkat kombinasi harga yang layak, ditambah memiliki model dan ketersediaan yang tepat dalam setahun hanya dengan membeli mobil – apa saja mobil – adalah kemenangan.

MG bertujuan untuk menyelesaikan tahun ini dengan 50.000 penjualan dan menargetkan 65.000 pada tahun 2023. Pada tahun 2024, merek tersebut bertujuan untuk mendekati sasaran jangka menengahnya yaitu 75-80.000. “Kami tidak dapat diharapkan untuk terus tumbuh 65-70% karena dalam waktu tiga tahun kami akan menjadi satu-satunya pembuat mobil yang menjual mobil,” kata Pigounakis, tangan industri yang CV-nya termasuk direktur komersial hantu masa lalu MG itu. : MG Rover.

Inggris dan pasar Eropa yang lebih luas adalah fokus utama bagi pemilik SAIC karena tujuan ekspor jangka panjangnya untuk MG mulai membuahkan hasil setelah awal yang sangat lambat di negara ini pada tahun 2011. Inggris menjadi pasar “50.000 kendaraan” untuk MG bersama dengan orang-orang seperti Australia dan Meksiko adalah bagian dari rencana besar untuk menjadi “juara penjualan luar negeri” dalam industri otomotif China, tulis SAIC dalam laporan tahunan 2021-nya.

Memang, keberhasilan strateginya di Eropa bisa datang dengan mengorbankan Cina. Penjualan MG di sana turun 32% hingga akhir September, menjadi 84.068, yang hampir 10.000 di atas angka Eropa pada periode yang sama. Sementara itu, penjualan untuk merek saudara perempuannya yang lebih stabil dan ditargetkan secara lokal, Roewe, yang bermain di Rover, turun 35% menjadi 192.309 menurut perusahaan riset penjualan Bestsellingcarsblog.com.

Jika Anda pergi ke neraka-untuk-kulit untuk mengambil pangsa pasar, sekarang adalah waktu untuk melakukannya. Merek-merek mapan mendorong kenaikan harga, memotong model yang lebih murah, dan berfokus pada mobil yang lebih mahal dan bermargin lebih tinggi sambil tetap menyebutkan waktu pengiriman yang lama. “Lanskap ini memunculkan pendatang baru,” kata Chris Knight, Mitra Otomotif Inggris di KPMG. “Banyak merek China merasa bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memasuki pasar Eropa, termasuk menargetkan pasar mobil listrik Inggris yang sedang berkembang dengan opsi EV dengan harga lebih rendah,” lanjut Knight.

MG menegaskan pertumbuhannya tidak mengorbankan keuntungan. “Kami menetapkan harga untuk mencapai margin yang kami rasa nyaman, tetapi dengan keuntungan yang cukup untuk setidaknya memasukkan kami ke dalam agenda,” kata Pigoonakis.

Sebagian besar, itu berarti kesetaraan harga dengan kompetisi, hanya dengan kit ekstra untuk mengalihkan perhatian. Namun, jauh lebih murah daripada pesaingnya adalah hatchback listrik MG 4 yang baru diluncurkan. Ini adalah EV ketiga MG setelah SUV kecil ZS dan MG 5, yang baru saja mengalami facelift setelah popularitasnya di kalangan armada, pengemudi taksi, dan pelanggan pribadi mendorongnya menjadi properti terpopuler kedua di Inggris tahun ini setelah Toyota Corolla Touring Sports.

Namun, kedua mobil tersebut diadaptasi dari arsitektur mesin pembakaran, sementara MG 4 menggunakan Platform Modular Scalable baru dari SAIC yang menekan baterai di lantai dan memberikan ruang yang cukup besar di dalamnya. Ia juga menggunakan bahan kimia lithium-ion LFP berbasis besi yang lebih murah dan mengurangi tambahan tertentu seperti navigasi satelit bawaan untuk memberikannya harga awal £25.995 untuk mobil dengan baterai 51kWh dan jangkauan 218 mil.

Sebaliknya, Volkswagen ID 3 (gambar di bawah), sebuah mobil MG khusus benchmark, mulai dari £ 36.990 di Inggris hanya untuk jarak yang relatif kecil, hingga 265 mil. “Saya akan terkejut jika itu bukan buku terlaris kami tahun depan,” kata Pigounakis tentang MG 4.

Untuk satu alasan, MG akan memiliki banyak dari mereka dan itu tidak berlaku untuk penjual terbaik di masa lalu, SUV kecil ZS. “Banyak pabrikan mengatakan kami hanya berhasil seperti kami karena kami memiliki mobil dan mereka tidak,” kata Pigoonakis. “Tapi bensin ZS dan EV telah sangat terbatas pasokannya.”

Kisaran MG mungkin mulai dengan bensin MG 3 dari £ 13.295, tapi versi bensin dari ZS mulai dari £ 17.295 yang hits sweet spot dengan pembeli pribadi. “Pelanggan ritel menyukai mobil itu,” kata Pigoonakis. Tapi Inggris adalah satu-satunya pasar yang cukup besar untuk mobil yang memudar di Cina dan di mana produksi belum menjadi prioritas. Itu telah mempromosikan SUV kompak HS, versi bensin yang mulai dari £ 22.995 jauh dan jauh dari mobil terlaris di kisaran MG tahun ini dengan 12.498 terdaftar pada akhir September. HS plug-in hybrid kontras dengan MG dengan penjualan paling lambat selama setahun penuh.

Semua fokus bensin ini berarti MG hanya akan mencicit target emisi CO2-nya tahun ini, alih-alih berlayar melewati seperti yang terjadi pada tahun 2021, ketika itu juga membantu menurunkan target VW Group dan Ford dengan menyatukan mereka. Tahun depan akan baik-baik saja lagi ketika pendaftaran MG 4 mulai masuk, Pigounakis berjanji.

MG mungkin anak poster keunggulan listrik China tetapi model distribusinya adalah grosir jadul. MG sekarang dijual melalui 158 dealer dan tidak ada pembicaraan untuk beralih ke model penjualan langsung yang disukai oleh orang-orang seperti Nio, Polestar dan Genesis. Dealer terpikat oleh daya tarik merek yang didukung kuat dengan pasokan yang baik yang tidak akan mengalihkan mereka ke model agensi dalam waktu dekat, sesuatu yang Pigounakis katakan tidak populer di kalangan dealer yang dia ajak bicara.

Kurangnya jaringan yang didanai dengan baik beberapa tahun yang lalu adalah salah satu alasan MG tidak membawa SUV kompak Marvel R yang lebih premium, yang dijual di pasar kontinental. Para eksekutif tidak berpikir pelanggan dapat dibujuk untuk berpisah dengan £ 45k plus kepada seseorang yang beroperasi di luar “lebih dari sebuah rumah dengan konservatori”, kata Pigounakis, menambahkan bahwa itu mungkin keputusan yang salah mengingat kekuatan jaringan. hari ini. “Tragisnya kami bisa menjual 6-7.000 setahun sekarang.” Yang berikutnya akan berhasil di sini, tambahnya.

Tidak semuanya cerah di dunia kepemilikan MG. Pelanggan awal MG 4 mengeluhkan kebocoran oli dari gearbox reduksi dan mengeluh di forum tentang kurangnya komunikasi dari MG.

Tapi momentumnya ada pada MG, dan April mendatang kita akhirnya akan melihat roadster listrik baru yang telah lama dijanjikan untuk memberikan mata rantai yang hilang ke masa lalu mobil sport merek tersebut. Lebih relevan, bagaimanapun, adalah MG 4 dengan harga, kompetensi serba (kecuali kebocoran minyak, sesuatu MG sekarang mengatakan sudah diperbaiki) dan mungkin yang lebih penting, ketersediaannya. MG mengutip waktu tunggu 10-12 minggu, dibandingkan dengan 9-10 bulan untuk ZS EV.

Cara MG menekan akselerator di saat krisis di industri ini mengingatkan pada Hyundai dan sprint putus-putusnya untuk membuat i10s membuang pelanggan setelah krisis keuangan pada tahun 2009. Sama seperti Hyundai sekarang menjadi bagian dari arus utama, demikian pula MG tampaknya telah menggunakan krisis rantai pasokan pasca Covid untuk mencapai hal yang sama.

Apa yang datang dari MG

Roadster “Project E” (digambarkan dalam render Autocar di atas). Mobil sport yang dipratinjau oleh konsep Cyberster akhirnya akan tiba pada paruh pertama tahun 2024, tersedia dengan penggerak dua roda – kemungkinan ke roda belakang – atau dalam “performa sangat tinggi” bermotor ganda, spesifikasi all-wheel-drive. Harapkan harga sekitar £ 45-60.000.

MG 3 hibrida

MG akan tetap menggunakan tenaga bensin untuk penggantian supermini MG 3, yang akan tiba sekitar akhir 2024, menggantikan mobil kuno saat ini. Namun, kemungkinan akan dihibridisasi untuk mengurangi emisi CO2.

MG Satu

SUV kompak HS saat ini juga akan diganti sebelum akhir tahun 2024, kata MG, kemungkinan dengan apa yang diberi lencana sebagai MG One, SUV bertenaga bensin mencolok yang baru saja dijual di China.

MG Marvel R

Kami tidak akan mendapatkan versi saat ini, yang dijual di pasar penggerak tangan kiri di seluruh Eropa, tetapi kami akan mendapatkan yang berikutnya, kemungkinan dibangun di atas Modular Scalable Platform yang sama dengan MG 4.

MG ZS

Seperti semua jajaran lainnya, kecuali MG 4, ZS akan diganti pada akhir tahun 2024.

MG 5 baru

Datang sebelum akhir tahun 2024, kemungkinan lagi didasarkan pada Platform yang Dapat Diskalakan Modular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *