Tavares: Meningkatnya biaya pengembangan EV membatasi kehadiran pameran motor

Meningkatnya biaya pengembangan mobil listrik sebagian bertanggung jawab atas berkurangnya kehadiran pabrikan di pameran otomotif, menurut bos Stellantis, Carlos Tavares.

Dia berbicara di balik layar pameran motor Paris yang jarang dihadiri, di mana produsen utama diwakili dengan stan skala besar termasuk merek DS, Jeep dan Peugeot perusahaannya sendiri, Grup Renault dan perusahaan China BYD dan Great Wall.

“Fakta bahwa Anda hanya memiliki Renault, Stellantis, dan Cina mencerminkan fakta bahwa pembuat mobil sekarang jauh lebih pilih-pilih dalam pengembalian investasi. [ROI] yang diwakili oleh pertunjukan,” katanya.

“Biaya pertunjukan telah berkurang secara dramatis. Di pameran motor Detroit beberapa minggu yang lalu, semua mobil berada di permukaan tanah – tidak ada lagi konstruksi yang besar dan besar.

“Jadi biayanya turun. Sebelumnya mereka tidak masuk akal, dan sekarang pembuat mobil melihat laba atas investasi. Dan mengapa? Karena biaya elektrifikasi sangat tinggi, jadi Anda harus menghemat banyak uang di banyak tempat berbeda untuk mendanai elektrifikasi.

“Jadi ya, orang mulai sangat menuntut pengembalian investasi, itu normal.”

Paris hanyalah pameran motor skala penuh kedua yang berlangsung di Eropa setelah pandemi, setelah Munich pada 2021 yang juga diturunkan skalanya, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jenewa, yang secara tradisional merupakan acara otomotif terbesar di benua itu, belum pernah diadakan sejak 2019.

Tavares menjelaskan pemikiran Stellantis tentang pameran motor: “Dalam kasus kami, kami memiliki lantai, dan jika Anda di bawah lantai itu dalam hal ROI, Anda tidak pergi, tergantung pada biaya pameran motor. Dan kami hanya pergi jika ada yang ingin kami katakan.

“Kehadiran di pameran motor tidak diberikan. Itu tergantung pada apakah bisnis itu masuk akal dan kondisi di mana Anda bisa pergi. Jika Anda berada di bagian dunia di mana orang tidak menyukai mobil, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang keberlanjutan acara tersebut.

“Tidak ada yang bertahan selamanya, dan perubahan yang Anda lihat menunjukkan bahwa orang tidak cukup membuat keputusan itu, dan Anda dapat memperkirakan bahwa ini akan terus menjadi norma selama beberapa tahun ke depan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *