Analisis: dapatkah Jeep Avenger memacu kebangkitan penjualan?

jeep avenger paris motor show 04 grill

Meskipun penjualan Eropa merosot, eksekutif Jeep yakin merek SUV dapat dihidupkan kembali

Jeep mengalami masa-masa yang menyedihkan baru-baru ini di Inggris. Penjualan turun 69% besar-besaran dalam sembilan bulan pertama tahun ini menjadi hanya 2.036 mobil, menurut angka dari kelompok lobi mobil SMMT, karena pembeli tampaknya tidak menyukai Renegade dan Compass, model inti merek SUV.

“Penjualan Jeep di Inggris sangat mengecewakan,” seorang eksekutif di perusahaan milik Stellantis mengakui dengan syarat anonim.

Faktanya, tidak ada tempat di Eropa yang menjadi merek ikonik Amerika yang berkinerja sangat baik selain Italia, yang menjadi tuan rumah produksi Renegade dan Compass dan menyumbang setengah dari semua penjualan Jeep di wilayah tersebut. Penjualan turun di seluruh Eropa sebesar 25% hingga akhir Agustus, angka dari organisasi lobi otomotif ACEA, lebih dari rata-rata industri di tengah kekurangan chip.

“Kami memiliki banyak masalah dengan powertrain yang tidak disesuaikan dengan pasar, kami memiliki banyak kerugian pajak dan kami akhirnya tidak mendapatkan momentum yang layak kami dapatkan,” kata CEO Jeep Christian Meunier kepada wartawan di sebuah acara yang diadakan di Polandia pada hari Kamis.

Di Inggris, penjualan Kompas terhambat oleh keputusan awal untuk membangun model setir kanan kami di India, yang membebaninya dengan tingkat teknologi yang lebih rendah daripada yang diperkirakan pasar, kata Meunier. Itu telah diperbaiki dengan keputusan untuk memindahkan versi facelift, yang mulai disaring ke pasar awal tahun ini, ke pabrik Renegade di Italia.

Sementara itu, emisi tinggi dari Renegade dan Compass sebagian telah diperbaiki dengan peluncuran versi plug-in hybrid ‘4xe’ dari kedua mobil, dengan efek bahwa PHEV menyumbang 35% dari semua penjualan Jeep Inggris hingga akhir September. Namun, itu tidak cukup untuk menghentikan slide.

Para eksekutif yakin bahwa merek Jeep, yang ditentukan oleh off-roader Wrangler warisan, adalah baik. ‘Akses premium’ atau ‘premium untuk arus utama’ yang didudukinya memberikan daya tarik dan kekuatan harga, atau begitulah teorinya. Fakta angka penjualan merosot ke produk, Jeep berpendapat.

Dan itu akan berubah dari musim semi tahun depan, mereka berharap, ketika model pertama SUV listrik kecil Avenger baru tiba.

Ini akan menjadi Jeep Eropa baru pertama yang dikembangkan di bawah Stellantis menggunakan platform grup menyusul peralihan awal yang tergesa-gesa dari platform FCA, elemen yang menopang Fiat 500 listrik.

Dengan ini, Avenger mencapai kesamaan grup Stellantis yang diinginkan dengan menggunakan platform fleksibel eCMP generasi kedua yang menopang EV kecil grup lainnya, seperti DS 3 E-Tense, Peugeot e-208 dan Vauxhall Mokka Electric.

Bodinya yang tebal dengan lapisan pelindungnya menyembunyikan paket baterai 54kWh (51kWh yang dapat digunakan) yang lebih besar untuk memberikan jangkauan hingga 242 mil. Paket, dibagi untuk duduk di bawah kursi depan dan belakang, juga telah masuk ke e-208 yang direvisi dan dipasangkan ke motor listrik umum yang dibangun di Prancis oleh perusahaan patungan yang dimiliki oleh Stellantis dan Nidec. Dengan cara ini, biaya dapat ditampung untuk kepuasan CEO Stellantis dan raja fiskal Carlos Tavares.

Dengan panjang hanya 4076mm, Avenger adalah Jeep yang dirancang untuk beresonansi dengan pembeli yang lebih muda yang mencari sesuatu dengan sedikit lebih banyak karakter.

Para eksekutif menggambarkannya secara pribadi sebagai Mini baru karena kemampuannya yang diharapkan untuk memicu respons emosional, meskipun didukung oleh keinginan untuk sedikit lebih praktis daripada yang ditawarkan Mini.

“Mobil ini akan menjadi game-changer,” kata Meunier dalam acara yang diadakan sebelum pembukaan publik globalnya di Paris Motor Show, Senin.

Jeep yakin Avenger akan segera menjadi mobil terlarisnya di Eropa mulai tahun 2024, tahun pertama penjualannya.

Tujuannya adalah untuk mendorong penjualan Eropa menjadi 300.000, hampir dua kali lipat dari tahun terbaiknya sejauh ini pada 2018, ketika terjual 168.652, menurut ACEA. Inggris akan menjadi pasar utama untuk pertumbuhan tetapi tidak akan mendapatkan versi bensin 1,2 liter yang diperuntukkan bagi dua dari lima pasar besar Eropa yang paling jauh tertinggal dalam infrastruktur listrik: Spanyol dan Italia.

Ini semua menggerakkan lingkaran kebajikan yang mendorong volume. Pengemudi melihat lebih banyak Jeep di jalan, memicu lebih banyak minat penjualan pada Jeep. Dealer berinvestasi lebih banyak di dealer, seperti yang mereka lakukan di Italia, daripada membiarkan mereka mandek saat penjualan melakukan hal yang sama.

Jeep merobek kontrak dealer tahun lalu dan akan memperbarui kontrak yang ingin dipertahankan pada awal 2023, memulai siklus baru yang pada akhirnya memindahkan merek ke model penjualan langsung.

Ada lebih banyak Jeep di dalam pipa juga. SUV besar Jeep Grand Cherokee akan kembali pada musim semi dengan model hybrid plug-in yang tertunda. Renegade, diluncurkan pada tahun 2014, akan tetap dan akhirnya beralih ke platform listrik kecil STLA Stellantis yang baru, kemungkinan sebelum tahun 2025.

Kompas pada akhirnya akan pindah ke platform listrik menengah STLA, memperbesar proses, menurut sumber di Jeep, untuk menutupi ujung atas segmen SUV kompak. Sebuah off-roader listrik bernama Recon dengan perilaku on-road yang lebih baik daripada Wrangler akan tiba pada tahun 2025, seperti juga Jeep listrik aerodinamis yang ramping juga pada platform besar STLA dan saat ini disebut Wagoneer S. Mesin performa ini akan menempuh jarak 370 mil di jalan raya. mengisi dan berlari hingga 62mph dalam waktu sekitar 3,5 detik, perkiraan Jeep.

Pada tahun 2030, Jeep akan sepenuhnya menggunakan listrik di Eropa, katanya.

Ada rintangan. Harga Avenger belum terungkap, tetapi dengan perkiraan angka mulai £ 35.000, itu akan menjadi peregangan bagi orang-orang muda yang ingin menarik Jeep. Selain Italia, Jeep belum benar-benar menunjukkan bahwa ia dapat memerintahkan premium ekstra di antara para pelanggan Eropa yang kebal terhadap nilai merek yee-haw, cinta-kebebasan, terutama untuk model yang lebih mainstream. Kemampuan off-road yang ditawarkan oleh Avenger versi 4xe yang direncanakan mungkin akan kurang menarik bagi orang Eropa daripada gaya yang lebih besar yang menyertainya, jika pratinjau produksi yang diluncurkan di Paris adalah segalanya.

Jeep selalu berada di puncak persetujuan Eropa. Dengan Avenger dan ramuan Stellantis ajaib dari gaya unik dengan kesamaan platform yang dalam, ia memiliki peluang bertarung. Jika berhasil, penggemarnya di AS harus menerima kenyataan bahwa dibutuhkan elektrifikasi untuk membawa penerimaan Eropa terhadap merek yang sangat Amerika ini.

Kebangkitan Jeep – dan kemerosotan – di Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *