Bisakah EV pemula Nio pernah menjungkirbalikkan saingan premium di Inggris?

Nio ET7 2022 keluar dari stasiun pertukaran baterai kuartal depan

Nio ET7 mulai dari €1191 (£1040) per bulan untuk sewa tiga tahun di Jerman

Nio menghadapi tantangan skala raksasa: menangkan pelanggan premium Inggris

Pada tahun 2016, sebuah perusahaan Cina yang kurang dikenal bernama NextEV meluncurkan kembali dirinya di sebuah pesta global yang diadakan di galeri Saatchi yang megah di Chelsea London. Perusahaan mobil listrik sekarang akan disebut Nio, pendiri berwajah bayi William Li mengatakan kepada orang banyak yang berkumpul, bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan model peluncurannya – hypercar listrik EP9 1341bhp – bersembunyi mengancam di podium terdekat.

Maju cepat ke 2022 dan Nio sekarang secara teratur ditagih sebagai jawaban China untuk Tesla karena fokusnya pada pengalaman digital, pengisian daya inovatif (kali ini pertukaran baterai) dan kinerja yang sering membingungkan dari jajaran SUV dan sedan yang praktis.

Nio sekarang cukup mapan di China, dengan total penjualan hanya di bawah 250.000 kendaraan pada 30 September, dan tahun lalu ia memberanikan diri untuk menguji perairan pasar premium Eropa yang kompetitif, pertama di Norwegia yang ramah EV.

Awal Oktober ini, ia memperluas jejaknya dengan peluncuran di sarang singa pasar premium, Jerman, serta Swedia, Belanda, dan Denmark, dengan kisaran yang sangat cocok dengan Tesla Model 3, Model Y, dan Model S.

Pendiri Li juga menyampaikan berita penting bahwa merek tersebut akhirnya akan mulai menjual mobil di Inggris mulai akhir tahun depan, tujuh tahun setelah acara King’s Road.

Jadi apa peluang Nio untuk menjadi besar di Inggris? Selain Land Rover dan Volvo, Inggris terikat dengan mobil premium Jermannya sekuat Jerman sendiri, dan Tesla adalah satu-satunya merek kelas atas yang telah membuat penyok signifikan ke pangsa pasar mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Li mengandalkan pergeseran pelanggan yang menyukai merek seperti Tesla dengan lebih banyak pola pikir smartphone. “Cara orang memandang dan mendefinisikan premium telah berubah,” katanya. “Generasi saat ini benar-benar merasakan keunggulan dari teknologi pintar.” Fakta bahwa semua model dilengkapi dengan sensor lidar sebagai standar, misalnya, elemen yang berpotensi membuka kunci dari mengemudi hands-free, bisa lebih menarik daripada warisan balap atau pengenalan lencana.

Kesampingkan anggapan bahwa Nio akan memenangkan kustom premium dengan biaya. Enam tahun lalu, penawarannya adalah “kualitas BMW dengan harga Toyota” tetapi Nio sekarang dengan kuat berada di braket premium sejauh menyangkut harga. Li membual pada peluncuran Jerman bahwa harga jual rata-rata mobilnya di Cina menyamai EV BMW dan mengalahkan Audi.

Bukannya kami cenderung melihat daftar harga di Inggris. Setelah setahun bereksperimen di Norwegia dalam menjual mobil dan leasing baterai, Nio telah beralih ke model semua-langganan/sewa untuk seluruh Eropa. Itu tidak memberikan rincian peluncuran Inggris tetapi mengharapkan banyak hal yang sama di sini: “Fleksibilitas adalah premium baru,” kata Li.

Berdasarkan harga berlangganan Jerman, ini tidak akan murah. Saloon ET5 – saingan BMW Seri 3/Model 3 yang secara khusus disebutkan Li datang ke Inggris – mulai dari €999 (£870) per bulan untuk sewa pribadi selama tiga tahun dengan baterai 75kWh. Asuransi dan servis sudah termasuk di dalamnya.

Sedan ET7 yang lebih besar mulai dari € 1191 (£ 1040) setiap bulan untuk kontrak tiga tahun di Jerman, tetapi jika Anda ingin fleksibilitas untuk mengembalikan mobil saat Anda mau, Anda membayar € 1540 (£ 1340) setiap bulan.

Berlangganan adalah pilihan kecil namun berkembang untuk masuk ke mobil di Inggris, dengan Volvo menawarkan perbandingan terdekat. Misalnya, SUV XC90 berharga dari £ 909 sebulan untuk 36 bulan tetap, atau £ 1039 sebulan untuk opsi jaminan dengan pemberitahuan tiga bulan.

Sebaliknya, Anda membayar £1137 untuk kontrak tiga tahun untuk SUV sebanding Nio, EL7 – berganti nama dari ES7 setelah Audi mengeluh penamaan ES Nio untuk SUV-nya terdengar dekat dengan rentang kinerja berlencana S – naik setara dengan £1460 untuk paket yang sepenuhnya fleksibel. Itu adalah premi yang besar dan kuat, yang mencerminkan sebagian biaya tambahan untuk menggunakan listrik dan sebagian lagi rute spesifikasi tunggal yang terisi penuh yang telah diambil Nio untuk menyederhanakan manufaktur.

Kartu truf Nio adalah pertukaran baterai. Karena semua paket baterainya memiliki dimensi yang sama, terlepas dari ukuran atau modelnya, mereka dapat ditukar tidak hanya dengan baterai yang baru diisi, tetapi juga untuk alternatif jarak jauh yang lebih padat energi untuk perjalanan jauh. Pindah dari satu ke yang lain memerlukan perubahan sederhana pada biaya berlangganan bulanan Anda, Nio berjanji.

Perusahaan saat ini menawarkan kapasitas 75kWh dan 100kWh, tetapi juga bekerja pada baterai 155kWh untuk peluncuran awal 2023 di China, memberikan jangkauan 600 mil lebih untuk ET5. Unit 60kWh yang lebih murah juga sedang dikerjakan.

Namun, tuntutan di China adalah untuk paket berkapasitas lebih rendah untuk menurunkan biaya, daripada versi ultra-jarak jauh 155kWh raksasa, menurut Fei Shen, kepala Nio Power. “Secara pribadi, saya tidak berpikir baterai ini akan digunakan secara luas,” kata Shen. “Pada kenyataannya di China mereka lebih banyak bertanya kapan kami akan mengirimkan baterai berkapasitas kecil”. Pada dasarnya, Nio mengklaim telah menyembuhkan kecemasan jarak jauh dengan memastikan pelanggan hanya menggunakan baterai yang mereka butuhkan untuk jarak tempuh mingguan mereka. “Dengan menawarkan fleksibilitas dan kemampuan upgrade ini kepada pengguna kami, kami dapat mengurangi permintaan material hingga 17%,” kata Li.

Nio akan membawa pertukaran baterai ke Inggris dan calon pengadopsi awal akan melihat dengan cermat di mana ini akan ditempatkan. Di Cina, ia memiliki 1183 stasiun pertukaran – dengan 80 di Shanghai saja – menciptakan daerah tangkapan yang diinginkan bagi pelanggan apartemennya, yang mungkin berada dalam jarak berkendara yang mudah untuk dua orang atau lebih. Memasang ‘stasiun power swap’ jauh lebih mahal daripada membonceng jaringan pengisian daya umum – biayanya €400.000 (£350.000) per stasiun, menurut angka Li – tetapi itu tidak benar-benar dalam skema yang lebih luas, katanya. “Jadi untuk 1000, total investasinya €400 juta. Itu angka yang besar tapi jika dibandingkan dengan industri otomotif dan energi secara keseluruhan, itu hanya sebagian kecil saja,” katanya.

Itu bukan satu-satunya biaya. Perusahaan Cina lainnya telah memasuki daratan Eropa dan Inggris dengan cara yang lebih tradisional dan hemat biaya dengan mendaftarkan dealer. Great Wall Motor telah menandatangani kesepakatan dengan grup dealer Lookers untuk menjual mobilnya, sementara BYD telah bekerja sama dengan grup Pendragon untuk rencana peluncurannya di Inggris.

Nio, di sisi lain, telah menempuh rute penjualan Tesla langsung ke pelanggan, dengan semua manfaat tetapi juga biaya tambahan yang ditimbulkan. Modus operandinya adalah membuka serangkaian Rumah Nio unggulan: ruang pamer berukuran plus di lokasi perbelanjaan utama (seperti di Oslo, Norwegia, gambar di atas) yang beroperasi sebagai pembangun merek dan dikelola dengan ‘rekan’ yang tidak memaksa untuk membimbing dengan lembut Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Nio sedang bernegosiasi tentang properti di London sekarang, kata Li.

Bagaimana Nio akan memperbaiki mobil masih harus dilihat. Di Cina, ia mengoperasikan van layanan seluler.

Pindah ke model berlangganan semakin meningkatkan biaya modal Nio dengan menyimpan mobil secara permanen di pembukuannya, setidaknya sampai mereka membuang model bekas lebih jauh ke depan. “Jika Anda menjual mobil, Anda langsung mendapatkan uang kembali. Jika Anda menawarkan langganan, Anda mendapatkan uang kembali selama tahun-tahun berikutnya, ”kata presiden dan salah satu pendiri Nio Lihong Qin pada peluncuran Jerman di Berlin. “Pasti ada penggalangan dana, yang merupakan persyaratan baru bagi kami, tetapi itulah tantangan kami.” Nio belum mendapat untung, dan tidak seperti banyak perusahaan mobil China – termasuk induk MG SAIC – tidak didukung oleh negara China.

Nio telah membuktikan di Cina bahwa ia dapat mengambil alih dan di beberapa sektor mengalahkan pemain lama premium. Di Eropa, ini akan menjadi jauh lebih sulit, meskipun ikatan loyalitas melemah terhadap merek tradisional dalam peralihan ke elektrifikasi. Ini bisa menjadi waktu yang baik sebelum traktor pilihan Chelsea adalah Nio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *