Renault baru 5: EV perkotaan retro akan diluncurkan pada 2024 dengan 134bhp

Digambarkan sebagai city car, model ini akan menggantikan Zoe EV yang sangat sukses sebagai mobil listrik kompak perusahaan.

Sejarah Renault 5

Renault 5 asli diluncurkan pada tahun 1972, dirancang untuk mengisi kesenjangan yang cukup besar antara Renault 4 dan Citroën 2CV di pasar mobil kecil Prancis. Insinyur Renault diberi pengarahan singkat untuk mengembangkan mobil kecil yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat pembelian mobil Prancis seluas mungkin.

Desain akhir tetap mendekati sketsa asli dari desainer Michel Boue, dengan desain yang sedikit tidak konvensional. Di bawah bodywork, R5 menggunakan banyak mekanik dari Renault 4 dan Renault 6 dan menampilkan penggerak roda depan dengan dua pilihan mesin.

Mobil itu sukses besar: pada tahun 1980, itu adalah salah satu mobil terlaris di dunia. Pada tahun 1976, ia juga menelurkan Renault 5 Alpine (diberi merek 5 Gordini di Inggris), salah satu hot hatch pertama di dunia.

Itu diikuti pada tahun 1980 oleh R5 Turbo, homologasi reli klasik kultus khusus yang menampilkan mesin turbocharged mid-mount di kompartemen penumpang di belakang pengemudi.

Generasi kedua dari 5, yang dikenal sebagai Supercinq, diluncurkan pada tahun 1984 dengan tampilan yang direvisi dan dibangun di atas platform baru. Secara efektif digantikan sebagai supermini memimpin Renault oleh Clio, yang diluncurkan pada tahun 1990, meskipun Supercinq tetap dijual di beberapa pasar sampai tahun 1996.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *