Dari arsip: pada hari ini di tahun 1964

Mobil balap Ferrari depan tiga perempat

Hanya 78 GT versi mobil ketahanan 250 P Ferrari yang diproduksi, dari 100 yang dimaksudkan

Ferrari bentrok dengan otoritas Italia setelah produksi malu

Enzo Ferrari bisa menjadi karakter yang sulit bahkan di saat-saat terbaik – dan pertengahan 1960-an tidak termasuk di dalamnya.

Pada akhir 1963, Ferrari telah mempresentasikan 250 LM (untuk ‘Le Mans’), prototipe balap ketahanan 250 P yang dikembangkan menjadi sebuah coupé, dan mengumumkan rencana untuk membangun 100 contoh jalan yang diperlukan untuk homologasi Grand Tourer. Automobile Club d’Italia (ACI) telah membujuk Ferrari untuk melakukan ini, terlepas dari kenyataan bahwa “apa pun yang kurang seperti seorang tourer, grand atau sebaliknya, pasti sulit ditemukan”. Permohonan ACI kemudian ditolak oleh Komisi Sportive Internationale, karena memberikan bukti bahwa hanya 78 mobil jalan yang dibuat.

Merasa telah ditempatkan di “posisi yang sangat tidak menyenangkan”, Ferrari mengundurkan diri dari keanggotaan ACI perusahaannya dan dengan demikian kemampuannya untuk menjalankan tim Formula 1 – meskipun faktanya mereka mengejar gelar pembalap dan konstruktor!

Mobil karya dikirim ke Grand Prix AS, tetapi dimasukkan oleh Tim Balap Amerika Utara. Hal yang sama juga terjadi di Meksiko, menghasilkan gambar aneh John Surtees merebut gelar untuk Ferrari dengan mobil biru-putih.

Oh, dan resolusi masih belum muncul, 250 LM harus berlomba sebagai prototipe untuk tahun 1965.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *