Harga bahan bakar turun 7p pada bulan September – tetapi “seharusnya 10p lebih rendah”

Harga bahan bakar harus 10p lebih rendah dari saat ini, meskipun penurunan rata-rata 7p di halaman depan Inggris pada bulan September, RAC telah mengklaim.

Namun, Konsorsium Ritel Inggris, yang mewakili supermarket besar – seperti Asda dan Tesco – berpendapat bahwa pengurangan sedang berlangsung “saat mereka masuk melalui rantai pasokan”, meskipun ada klaim bahwa pengecer menghasilkan lebih banyak daripada biasanya mengikuti rekor harga tinggi musim panas, yang didorong oleh permintaan tinggi dan pasokan rendah.

Harga saat ini rata-rata 162,89p per liter untuk bensin dan 180,16p untuk diesel. Ini berarti mengisi mobil keluarga 55 liter, seperti BMW Seri 3 atau Volkswagen Golf, berharga £89,59 – hampir £16 lebih rendah dari harga puncak Juli sebesar £105,34 (191,53p per liter). Tangki diesel yang sama berdiri di £ 99,09 – £ 10,41 kurang dari Juli.

Juru bicara RAC Simon Williams mengatakan bahwa harga ini harus lebih rendah, sekitar 152p per liter untuk bensin, karena minyak grosir turun dari $130 per barel pada pertengahan Juni (£113,78 dalam nilai tukar saat ini) menjadi $87,96 (£76,99) pada bulan September.

“Pengemudi seharusnya melihat penurunan yang jauh lebih besar karena harga grosir bensin yang dikirim [per litre] sekitar 120p untuk satu bulan penuh,” kata Williams. “Ini berarti halaman depan di seluruh negeri seharusnya menampilkan harga sekitar 152p mengingat margin jangka panjang tanpa timbal adalah 7p per liter.

“Harga rata-rata bensin di empat supermarket besar hanya 1,5 p lebih rendah dari rata-rata Inggris – kurang dari setengah dari biasanya, yang menunjukkan bahwa mereka tidak bermain adil dengan pengemudi.”

Sebagai tanggapan, Andrew Opie, direktur makanan dan keberlanjutan di British Retail Consortium, mengatakan: “Pengecer memahami tekanan biaya yang dihadapi pengendara dan akan melakukan segala yang mereka bisa untuk terus menawarkan nilai terbaik untuk uang di halaman depan mereka, meneruskan pengurangan biaya saat mereka memberi makan melalui rantai pasokan.”

Meskipun demikian, penurunan selama bulan September, yang turun rata-rata 6,69p untuk bensin, adalah yang terbesar keenam dalam sebulan sejak tahun 2000.

Di seluruh Inggris, halaman depan di Inggris utara-timur mencatat penurunan terbesar (8,24p), diikuti oleh London (7,91p) dan West Midlands (7,03p). Penurunan terendah tercatat di East Midlands (5,93p), yang meninggalkan wilayah dengan harga keseluruhan tertinggi, pada 164,14p per liter. Terendah di Inggris saat ini ditawarkan di Irlandia Utara, dengan harga 159,28p per liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *