Temui coupe buatan siswa yang membersihkan udara saat dikendarai

Apa yang lebih baik dari mobil listrik tanpa emisi? Nah, bagaimana dengan mobil emisi negatif yang menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer saat dikendarai?

TU/ecomotive, tim mahasiswa dari TU Eindhoven di Belanda, telah mengembangkan mesin prototipe bernama Zem. Ini adalah coupe bergaya sporty, dan dirancang sebagai mobil tanpa emisi yang sesungguhnya.

Ikuti terus berita e-mobilitas terbaru: dapatkan buletin GRATIS kami

Zem memiliki filter khusus bawaan yang dapat menangkap hingga dua kilogram CO2 selama sekitar 20.000 mil perjalanan. CO2 yang ditarik oleh filter kemudian disimpan di dalam mobil sampai bisa dibuang.

Meskipun satu kendaraan yang menggunakan filter hanya akan mampu menghilangkan sedikit CO2 dari atmosfer, TU/ecomotive mencatat bahwa 10 mobil akan bergabung untuk menyimpan karbon dioksida sebanyak pohon rata-rata – dan jika setiap mobil di seluruh dunia dilengkapi dengan filter itu akan membuat perbedaan besar dalam upaya mengurangi pemanasan global.

Selain itu, manajer tim TU/ecomomotive Louise de Laat mengatakan bahwa “kami sudah dapat melihat bahwa kami akan dapat meningkatkan kapasitas filter di tahun-tahun mendatang”. Filter tersebut saat ini sedang dalam tahap proof-of-concept, dan para siswa sedang dalam proses mengajukan paten untuk itu.

Dibutuhkan sekitar 200 mil mengemudi untuk mengisi filter, dan tim bertujuan untuk mengembangkan sistem di mana filter dapat diubah saat kendaraan sedang diisi.

Zem memiliki banyak minat selain filter. Tim memilih untuk mengembangkan mesin bergaya coupe untuk menunjukkan bahwa motor tanpa emisi masih dapat menawarkan performa, dan telah bekerja untuk membuat produksinya senetral karbon mungkin.

Temukan lebih banyak konten Move Electric

Jadi panel monocoque dan bodi telah diproduksi dengan limbah minimal menggunakan pencetakan 3D, dan menggunakan plastik bundar yang akhirnya dapat diparut dan didaur ulang setelah digunakan.

Ini juga telah dirancang untuk menawarkan pengisian dua arah sehingga dapat memberikan daya ke perangkat lain, dan dilengkapi dengan panel surya untuk membantu mengisi daya saat bepergian.

Zem adalah mobil konsep ketujuh yang diproduksi oleh tim TU/ecomotive, yang dimulai dengan Penny yang dikembangkan untuk Shell Eco-Marathon pada tahun 2013.

Baru-baru ini, perusahaan memproduksi Luca pada tahun 2020, menunjukkan bagaimana limbah daur ulang yang diambil dari barang-barang seperti botol PET dapat digunakan untuk produksi mobil. Sebelum itu adalah Nuh, sebuah ‘mobil melingkar penuh’ yang dirancang untuk berkelanjutan dalam produksi, penggunaan, dan daur ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *