Pengemudi masih skeptis tentang penghematan kendaraan listrik

Pembuat mobil dan pemerintah disarankan untuk memberikan informasi yang lebih jelas tentang kendaraan listrik setelah penelitian baru-baru ini menunjukkan 38% pengemudi hanya tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankannya.

Survei terhadap 2.200 orang dewasa Inggris, yang dilakukan untuk Hari EV Sedunia, menunjukkan sikap terhadap kendaraan listrik umumnya positif. Dua pertiga (64%) pengemudi mengatakan mereka akan mempertimbangkan EV untuk mobil mereka berikutnya. Kurang dari setengahnya mengatakan hal yang sama tentang diesel.

Biaya operasional (tidak termasuk biaya kendaraan itu sendiri) menjadi prioritas utama bagi pembeli mobil. Dalam survei tersebut, 91% mengatakan biaya operasional merupakan faktor penting ketika memilih kendaraan berikutnya, dan ini sedikit lebih tinggi (93%) di antara calon pengemudi EV, melebihi manfaat lingkungan, jangkauan dan pengisian bahan bakar atau pengisian ulang yang nyaman.

Biaya operasional adalah pertimbangan penting karena perbedaannya antara mobil bisa sangat mencolok. Menurut angka pabrikan, Vauxhall Corsa-e berharga £107 lebih murah dalam biaya operasional bulanan daripada kembarannya yang bertenaga bensin.

Namun, 53% pengemudi mengatakan memilih kendaraan listrik itu membingungkan, dan hanya 26% yang mempertimbangkan untuk mendapatkan satu biaya operasional yang diharapkan lebih rendah daripada mobil bensin atau diesel.

Hasilnya menyoroti beberapa kesenjangan pengetahuan yang signifikan. Kurang dari setengah dari mereka yang disurvei (47%) mengharapkan kendaraan listrik menawarkan penghematan pajak, meskipun EV memenuhi syarat untuk bea cukai kendaraan tanpa tarif (terlepas dari daftar harga) dan pita pajak mobil perusahaan 2% yang sangat rendah, dibandingkan dengan di minimal 25% untuk model bensin atau diesel.

Bahkan di antara mereka yang mengatakan biaya operasional merupakan faktor penting, 23% tidak tahu apakah biaya servis dan pemeliharaan kendaraan listrik lebih rendah, 15% tidak yakin apakah mereka menghindari biaya zona udara bersih, 14% tidak mengetahui insentif pajak, dan 13% tidak tahu berapa biaya listrik dibandingkan dengan biaya bensin atau solar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *