Dari arsip: Twingo dan rival membuat mobil kecil menyenangkan lagi

Supermini menghadapi masa depan yang tidak pasti hari ini, karena SUV dan harga yang terus meningkat. Hal-hal yang sama sekali berbeda 29 tahun yang lalu, sebagai Fiat Punto, Renault Twingo, Mk2 Seat Ibiza dan Vauxhall Corsa tiba dengan murah dan ceria – tentu saja menimbulkan tes untuk mengungkapkan yang terbaik.

Dinamakan setelah pulau pesta mungkin, tapi Ibiza sedikit membosankan. “Luar biasa dan terasa kokoh, ia memiliki potensi untuk menjadi sebagus Punto, tetapi mesinnya yang berisik dan tanpa nyali membuatnya turun.

“Selanjutnya adalah Corsa, yang terlihat bagian luar dan dalam. Mesin yang kuat tidak cukup untuk menjadikannya mobil pengemudi, kemudi dan shift yang mengecewakan mencegah Anda dari keinginan untuk mengambilnya.

“Micra mengklaim ketiga oleh kulit giginya. Ini adalah yang paling tidak lapang dan memiliki perjalanan terburuk. Namun, ia memiliki mesin yang hebat dan gearbox yang sangat baik dan terasa paling kokoh.

“Punto adalah Fiat baru yang paling halus selama bertahun-tahun – mungkin pernah. Ini memiliki mesin yang menyegarkan, gearbox yang presisi, dan kemudi yang terukur dengan baik; itu naik dan menangani dengan baik; dan menawarkan kabin yang luas.

“Kurangnya pretensi Twingo menyegarkan dan interior inovatifnya sangat praktis. Ini memiliki sasis kelas satu dan kinerja yang memadai. Tetapi juga memiliki sesuatu yang istimewa: dalam lima tahun, Punto akan mulai terlihat ketinggalan zaman; Twingo akan dilihat seperti orang melihat Beetle hari ini.”

Memang. Sayang sekali ide penjualan Inggris tidak pernah diambil.

Supermini listrik BMW

Konsep E1, sebuah supermini listrik terungkap pada tahun 1991, mengorbankan dirinya dalam pengujian, tetapi itu tidak akan menghentikan BMW ketika Mercedes segera meluncurkan A-Class. Sebaliknya, ia membangun E1 baru, kali ini dengan tiga pilihan: motor listrik dan baterai; mesin sepeda motor empat pot; atau sistem hybrid yang terdiri dari motor di belakang dan mesin yang lebih kecil di depan, meskipun sayangnya tanpa fungsi generator. Ini adalah sesuatu yang akan muncul pada EV pertama BMW – tapi itu adalah i3 REx tahun 2013, janji peluncuran E1 1997 tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *