BMW akan balapan di Le Mans pada 2024 dengan M Hybrid V8 LMDh

BMW telah mengumumkan akan membalap hypercar M Hybrid V8-nya di FIA World Endurance Championship pada 2024, setelah masuk ke IMSA Sportscar Championship yang berbasis di AS tahun depan.

WEC termasuk Le Mans 24 Hours, jadi 2024 akan menjadi pertama kalinya BMW tampil di acara ikonik sejak 1999, ketika menang dengan V12 LMR.

“Keputusan untuk menjalankan BMW M Hybrid V8 di seri IMSA mulai tahun 2023 dan WEC mulai tahun 2024 merupakan tonggak sejarah untuk proyek tersebut,” kata BMW M CEo Frank van Meel.

“Saya mencicipi dan mengagumi bakat luar biasa dari 24 Hours of Le Mans selama masa jabatan pertama saya sebagai CEO BMW M, jadi saya sangat bersemangat untuk menantang kemenangan keseluruhan sebagai BMW M Motorsport lagi di klasik ini dan secara keseluruhan. WEC untuk pertama kalinya selama beberapa dekade.

“BMW M Hybrid V8 mewakili titik balik menuju elektrifikasi untuk BMW M. Seri IMSA di Amerika Utara dan WEC, yang berlangsung di seluruh dunia, adalah platform yang sempurna untuk menggunakan prototipe kami untuk menunjukkan betapa menariknya BMW berlistrik. M mobil akan ada di masa depan.”

Berbicara kepada Autocar’s 50 Years of BMW M Podcast, Andreas Roos, Head of BMW M Motorsport mengatakan salah satu faktor utama dalam memasuki kejuaraan adalah anggaran, menambahkan: “Peraturan telah benar-benar berubah [from LMP1 times] dan Anda dapat, dengan anggaran yang layak, kembali ke WEC. Peraturan hemat biaya ini, dikombinasikan dengan teknologi hybrid [and goal to move to full-electtric racing] sempurna bagi kami.

“Ini membantu kami untuk mendukung mobil jalanan kami dan inilah yang kami tuju.”

Dirancang sesuai dengan peraturan Le Mans Daytona Hybrid (LMDh) yang baru, BMW M Hybrid V8 adalah salah satu dari sejumlah pembalap daya tahan listrik baru dari pabrikan arus utama yang akan diluncurkan di tahun-tahun mendatang.

Itu dipamerkan untuk pertama kalinya di Goodwood’s Festival of Speed ​​sebagai bagian dari fitur utama BMW, dengan livery baru yang terungkap hari ini.

Acura, BMW, Cadillac dan Porsche masing-masing akan memasukkan mobil LMDh ke dalam kategori GTP baru IMSA pada tahun 2023, diikuti oleh Alpine dan Lamborghini pada tahun berikutnya.

Audi akan bergabung dengan merek saudara Porsche dalam seri ini mulai tahun depan tetapi telah menempatkan rencananya di atas es.

Kategori GTP juga akan mencakup pendatang yang dibangun dengan aturan Le Mans Hypercar (LMH), sehingga Toyota GR010 Hybrid dan Peugeot 9X8 baru harus bersaing dengan mobil LMDh di Daytona 24 Jam pada bulan Januari untuk balapan pertama musim 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *