Dari arsip: pada hari ini di tahun 1983

Pada tahun 1974, Mercedes-Benz mulai mengerjakan mobil kompak pertamanya sejak tahun 1930-an. Sembilan tahun dan £ 600m kemudian, 190E tiba sebagai saingan BMW Seri 3 yang sangat populer.

Apa cara yang lebih baik untuk menguji model yang Mercedes sendiri akui “direkayasa secara besar-besaran”, kami beralasan, daripada mengendarainya melintasi Eropa, dari memanggang Yunani hingga membekukan Norwegia timur laut?

Kami dipandu keluar dari Athena pada tengah malam oleh kepala PR Mercedes Hellas dan ke jalan raya utara, di mana kami langsung terkesan dengan perjalanan 190E kami.

Permukaan yang buruk tetap tidak menjadi masalah saat kami melewati pedesaan berbukit Yugoslavia, dengan kecepatan rata-rata 55 mph.

Bagian yang paling tidak menyenangkan dari perjalanan kami adalah menyalip truk di jalan tol ke Zagreb, tendangan lambat mobil empat kecepatan membuat kami menginginkan manual.

Memasuki pegunungan Austria, “Mer menyukai sedikit latihannya, merespons dengan mematikan tenaganya dengan tegas di jalan yang lembab”.

Cruise control bekerja dengan baik pada autobahn Jerman, menjaga kami pada kecepatan 110mph di bagian non-gradien. Setelah naik feri cepat ke Helsingborg (Jembatan resund hanyalah mimpi), kami melaju ke Stockholm, membuat kemajuan yang bagus sehingga kami punya waktu untuk 500 mil lagi ke pulau North Cape.

Tujuh puluh satu jam dan 3455 mil dalam kenyamanan bebas masalah.

Smith bertujuan untuk merevitalisasi GM

Pernahkah Anda mendengar tentang era malaise? Dipicu oleh Undang-Undang Udara Bersih tahun 1970 dan diperkuat oleh krisis minyak tahun 1973, itu adalah saat ketika mobil Detroit secara umum tidak diinginkan dan mulai kalah dengan impor Jepang.

Segalanya mulai terlihat saat tahun 1980-an tiba; General Motors merasa tentatif positif, setelah kembali ke hitam di bawah bos baru Roger Smith. “Saya yakin ini berbalik,” katanya kepada kami setelah bersekutu dengan Toyota dan memulai transformasi perusahaan besar – yang akhirnya terbukti bencana.

Orang Amerika bermesin tengah pertama

Melawan segala rintangan, ketika General Motors mencoba untuk menghidupkan kembali line-up di tengah menyusutnya penjualan dan arus kas, Pontiac mendapat persetujuan untuk Fiero: roadster dua kursi pertama di Amerika sejak 1955, mobil berbadan plastik pertama dan mid-nya yang pertama. mobil bermesin.

Pikiran Anda, itu masih dimaksudkan untuk menjadi komuter, jadi hanya mendapat 92bhp dari mesin empat pot tetapi juga hingga 50mpg secara resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *