Opini: MG beralih dari pilihan nilai ke merek pahlawan

Pelacakan kuartal depan MG 4 2022

Harga, spesifikasi, dan pesona MG 4 menjadikannya pilihan yang meyakinkan bagi pembeli

Pergeseran cepat ke elektrifikasi telah meninggalkan celah untuk diisi oleh pendatang baru

Mobil tertentu datang untuk menentukan kategori mereka dalam hal persepsi publik.

Selama beberapa dekade, ini telah menjadi kasus mobil sport, pikirkan Porsche 911. Range Rover Land Rover yang menjulang memenuhi peran yang sama di kelas SUV mewah dan Mini, baik sebelum dan setelah akuisisi BMW tahun 1996, adalah city car yang selalu duduk depan dan pusat di benak pembeli. Adapun hatchback segmen-C – benteng transportasi keluarga Eropa sampai saat ini, ketika crossover telah tiba sebagai perampas – itu juga mudah: itu adalah Volkswagen Golf.

Satu-satunya atribut yang dimiliki semua model ini adalah sejarah yang panjang. Standar yang tinggi secara konsisten memungkinkan mereka menjadi pilihan de facto di antara para pesaing mereka dan yang paling dikenal luas.

Namun, di era EV baru, belum ada model yang memiliki kemewahan ini. Tidak ada cukup waktu. Bahkan pemain paling senior di jajaran EV pasar massal, Nissan Leaf, telah ada selama hampir satu dekade. Itu berarti orang luar memiliki ‘dalam’ yang langka. Hirarki dari banyak kelas masih diperebutkan, dan untuk pelari awal, penghargaan untuk dianggap ‘pemimpin kelas’ mungkin lebih besar sekarang – ketika biaya produksi EV tetap tinggi tetapi reputasi di kalangan publik masih sangat ditempa – daripada mereka akan pernah.

Itu sebabnya MG Motor telah menarik penutup mata dengan MG 4 baru, yang merupakan jawaban dari Volkswagen ID 3. Kami menempatkan kedua mobil tersebut secara head to head baru-baru ini, dan sementara VW terbukti lebih kuat dalam hal kehalusan dan ruang, kemenangannya adalah marjinal dan MG jauh lebih murah, sama mampu secara teknologi (paling tidak dengan jangkauan mengemudi yang lebih besar) dan, yang terpenting, memiliki beberapa kepribadian dan joie de vivre tentangnya. Itu kehabisan pemenang dan nyaman begitu. Oleh karena itu, ini mungkin dapat dianggap sebagai ‘pahlawan’ pertama di segmen tersebut dan, secara objektif, harus menjadi tujuan pertama bagi pembeli.

Aneh bahwa seharusnya butuh waktu selama ini untuk opsi yang menarik muncul di kelas ini. Karena kanibalisasi penjualan dari crossover listrik, yang jajarannya tampaknya membengkak setiap minggu, palka keluarga listrik telah diabaikan oleh pembuat dan pembeli, namun itu masih merupakan format yang penting. Mobil-mobil bersahaja ini lebih mudah dikendarai, lebih murah dan lebih efisien daripada sepupu mereka yang lebih tinggi, namun dalam hal kapasitas penumpang dan bagasi, mereka umumnya setara. Mereka masih penting dan memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Jangan heran jika selera pasar kembali pada waktunya.

Jadi MG 4 yang luar biasa bergabung dengan Porsche Taycan – tolok ukur yang sangat disukai dalam hal EV sport – serta BMW i4 dan Fiat 500 Electric. Ini bisa dibilang jauh lebih berdampak daripada mobil-mobil itu.

Kami datang untuk mengharapkan hal-hal hebat dari Porsche, BMW dan Fiat, terutama di bidang keahlian khusus mereka (olahraga, sedan dan kecil, masing-masing). Tapi apa yang diharapkan pembeli hari ini dari MG? Nah, jika tidak ada alasan lain selain kurangnya kesadaran, sangat sedikit. Tapi itu sekarang akan berubah. 4 akan populer karena nilainya yang bagus, dan akan disukai oleh pemiliknya karena memang disukai. Ini akan menjadi batu loncatan bagi perusahaan milik Cina, yang tampaknya telah mengatur waktunya dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *