Dari arsip motorsport: Pada hari ini di tahun 1925

Formula 1 akhir pekan lalu mengunjungi Monza, yang merupakan salah satu sirkuit paling bersejarah dalam daftar, yang telah dibuka dan menjadi tuan rumah Grand Prix Italia pertamanya pada tahun 1921

Pada tahun 1925, kami menyaksikan trackside saat dunia lama bertahan melawan dunia baru. “[Alfa Romeo’s Giuseppe] Campari, favorit Italia, berada di urutan pertama; [Duesenberg’s] Tom Milton terhenti dan pergi dengan sangat santai di akhir prosesi.” Segera Duesenberg yang lain dari Peter Kreis berhasil memimpin, Alfas berkumpul di belakangnya, tetapi dalam sekejap gearbox-nya gagal total.

Mobil merah Gastone Brilli Peri dan Pete De Paolo diadu di lap 33, memberi Milton memimpin, dengan Campari mengalami masalah mesin saat ia bergabung kembali dengan balapan. Duesenberg putih-biru kemudian mengikutinya dengan pipa oli yang rusak, dan meskipun Milton pulih dengan baik dari kemunduran 20 menit ini, ia hanya kembali ke urutan kelima pada lap 70, sementara Brilli Peri memimpin De Paolo tujuh menit.

Dia bertahan untuk 10 final, mengambil bendera setelah lima jam, 14 menit, di depan Campari dan Bugatti kelas 1,5 liter Meo Costantini.

“Kata-kata gagal untuk menggambarkan kegembiraan liar dari orang banyak saat dia memenangkan Grand Prix Italia dan [inaugural] Kejuaraan dunia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *