Mobil terlaris di Eropa pada tahun 2022

Registrasi mobil baru Eropa turun 10% YoY di bulan Juli, tetapi penggunaan kendaraan listrik terus tumbuh, mengambil pangsa pasar yang meningkat dengan mengorbankan hibrida plug-in.

Pendaftaran di 27 pasar Eropa berjumlah 866.038 – turun dari 966.453 pada Juli 2021, menurut Jato Dynamics.

Untuk tahun ini, pendaftaran baru mencapai 6.398.609, penurunan tahun-ke-tahun sebesar 13%, dan tingkat yang sebanding dengan Januari hingga Juli 2020 – ketika dampak pandemi pada industri paling parah.

“Dampak dari kelangkaan chip dan kurangnya kepercayaan konsumen saat ini terbukti sama merusaknya dengan munculnya Covid-19,” kata Felipe Munoz, analis global di Jato.

Penurunan sebelumnya telah dikaitkan dengan kekurangan semikonduktor global yang sedang berlangsung dan perang di Ukraina. Produksi kendaraan listrik khususnya telah terpengaruh oleh krisis pasokan, setelah mempertahankan tingkat pertumbuhan yang menjanjikan di bulan-bulan sebelumnya.

Penjualan plug-in hybrid sangat terpukul pada bulan Juli, turun 22%, kemungkinan karena mereka tidak lagi memenuhi syarat untuk insentif tertentu di berbagai pasar Eropa.

“PHEV kehilangan dukungan regulasi dan ini sudah memengaruhi posisi mereka di pasar,” kata Munoz. “Sementara pemerintah mencoba mengarahkan industri ke kendaraan listrik murni, hibrida masih memiliki peran penting jika kita ingin melihat penyerapan kendaraan rendah emisi secara luas di seluruh Eropa.”

Sementara itu, kendaraan baterai-listrik mencatat pertumbuhan 20% YoY menjadi 90.139 unit, terhitung 10,4% dari semua registrasi di Eropa.

Grup Volkswagen dikatakan sangat terpukul oleh kekurangan suku cadang global. Jato mengatakan perusahaan itu “berjuang untuk mengirimkan mobil listriknya”, khususnya hatchback Volkswagen ID 3.

Stagnasi pengiriman grup memungkinkan Stellantis dan Renault untuk menumbuhkan pangsa pasar yang vital. Stellantis meningkatkan penjualan sebesar 41% YoY, sementara Renault membukukan keuntungan sebesar 66%.

Pabrikan China juga mencatat hasil positif, dengan MG menjual 3000 unit – meningkat 56% YoY.

“Produsen China perlahan-lahan naik peringkat, menjadi alternatif yang kredibel bagi mereka yang mencari mobil listrik yang terjangkau dan menarik,” kata Munoz.

Volkswagen T-Roc menduduki puncak peringkat penjualan untuk bulan Juli, menjadi mobil pertama dalam tiga bulan yang menjatuhkan Peugeot 208 dari posisi teratas. Volkswagen menjual 19.938 unit crossover populer, dengan pertumbuhan 15% tahun ke tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *