BMW memulai produksi sel bahan bakar hidrogen untuk BMW iX5

BMW telah memulai produksi sistem sel bahan bakar hidrogen untuk model Hidrogen BMW iX5 generasi berikutnya, dengan kendaraan pertama yang akan diluncurkan untuk pengujian akhir tahun ini.

Dibangun di pusat kompetensi BMW untuk hidrogen di Munich, powertrain FCEV terdiri dari sel bahan bakar, dua tangki hidrogen dan motor listrik BMW eDrive generasi kelima.

Semuanya digunakan bersama-sama dengan baterai berperforma tinggi, dalam arsitektur BMW X5 yang ada. Pembuat mobil Jerman akan menggunakan sel bahan bakar individu yang dipasok oleh Toyota, yang telah berkolaborasi dengan BMW pada powertrain hidrogen sejak 2013.

BMW kemudian akan memasang komponen lain, termasuk wiring harness, kompresor, dan anoda dan katoda.

Oliver Zipse, ketua BMW, mengatakan: “Sebagai sumber energi serbaguna, hidrogen memiliki peran kunci untuk dimainkan di jalan menuju netralitas iklim. Dan itu juga akan menjadi penting secara substansial sejauh menyangkut mobilitas pribadi.

“Kami pikir kendaraan bertenaga hidrogen ditempatkan secara ideal secara teknologi agar sesuai dengan kendaraan baterai-listrik dan melengkapi gambaran mobilitas listrik… Dengan memulai produksi sel bahan bakar skala kecil hari ini, kami menunjukkan kematangan teknis dari jenis sistem penggerak ini dan menggarisbawahi potensinya untuk masa depan.”

BMW iX5 Hydrogen menghasilkan total 368bhp. Sekitar 167bhp berasal dari sistem sel bahan bakar hidrogen yang dipesan lebih dahulu. BMW mengatakan powertrain hidrogennya akan menawarkan “bentuk sistem penggerak yang unik untuk segmen premium.”

BMW iX5 Hydrogen diuji awal tahun ini dalam kondisi musim dingin di Swedia dan menggunakan beberapa teknologi baru, termasuk kompresor bertenaga turbin berkecepatan tinggi dan pompa pendingin tegangan tinggi.

BMW mengatakan telah sangat meningkatkan efisiensi sistem sel bahan bakar setelah bertahun-tahun penelitian dan pengembangan.

Frank Weber, anggota dewan BMW, mengatakan: “Kami telah berhasil menggandakan keluaran berkelanjutan sel bahan bakar di sel bahan bakar generasi kedua di BMW iX5 Hidrogen, sementara berat dan ukuran keduanya menurun drastis.”

Hanya 100 mobil Hidrogen BMW iX5 yang akan diproduksi mulanya. Mereka tidak akan dijual tetapi akan digunakan oleh pengemudi yang akan mengujinya dalam kondisi sehari-hari di AS, Jepang, Eropa, China, dan Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *