Dari arsip motorsport: Pada hari ini di tahun 1936

Junior Car Club mengadakan balapan 200 Mile setiap tahun di Brooklands sepanjang tahun 1920-an, edisi terakhir datang pada tahun 1928 karena minat pabrikan beralih dari grand prix ke balap mobil sport.

Hebatnya, ketika balapan diadakan kembali di Donington Park pada tahun 1936, Richard Seaman membawa Delage yang menang pada tahun 1928 untuk meraih kemenangan lagi – semakin mengesankan mengingat penghapusan batas kapasitas.

Seaman menyelesaikan lap pertama di urutan ketiga, di belakang Peter Whitehead dan Dennis Scribbans, tetapi dia melewati kedua ERA di lap berikutnya untuk memimpin dan membangun keunggulan yang sehat, biasanya mengemudi dengan cara yang terlihat mudah.

Dia memiliki ketakutan 20 menit, nyaris menghindari tertabrak roda yang salah, Austin Dobson melakukannya dengan baik untuk menghentikan tripod Alfa Romeo sekarang dari sekitar 100mph.

Tidak lama kemudian, pada lap ke-10, Earl Howe tidak hanya melewati Pangeran Bira tetapi juga Pelaut. Namun Delage memiliki tangki yang cukup besar sehingga tidak perlu mengisi bahan bakar, sedangkan ERA perlu berhenti selama 38 detik pada lap 50.

“Howe melaju dengan kekuatan dan kekuatan, tapi keunggulan Seaman tidak bisa digoyahkan. Dia mencatatkan kemenangan besar kelimanya tahun ini – dan dia dan Howe menerima tepuk tangan meriah untuk penampilan mereka yang luar biasa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *