Opini: Independensi BYD mengaturnya untuk dominasi EV Eropa

Terkubur dalam kebingungan tentang rencana BYD untuk mengguncang pasar mobil penumpang Eropa dengan trio EV Tesla-baiting adalah satu baris penting tentang mengapa hal itu bisa dilakukan: “BYD memiliki rantai pasokan vertikal untuk integrasi tanpa batas dan kontrol manufaktur total, termasuk produksi semikonduktor.”

Itu saja, kalau begitu – semua orang bisa pulang. Tidak hanya raksasa yang didukung Warren Buffett ini (yang telah menguasai sekitar 95% pasar bus listrik London, FYI) memiliki rangkaian lengkap EV penumpang yang menarik dan mengesankan secara teknis dalam perjalanannya ke dealer, pengawasannya terhadap saluran yang begitu penting untuk produksi mereka berarti jauh lebih baik ditempatkan untuk menghadapi tantangan industri saat ini pemukulan produsen mobil global lainnya.

Menariknya, ia menggambarkan dirinya sebagai perusahaan teknologi, bukan sebagai ‘merek mobil’ – sebuah anggukan untuk keasyikannya dengan mengembangkan baterai yang canggih, stabil, dan kompetitif sepenuhnya di rumah. Memang, Baterai Blade yang ditempatkan di dalam arsitektur EV generasi ketiga yang baru telah terbukti jauh lebih rentan terhadap peristiwa termal berbahaya tanpa terlalu memengaruhi jangkauan per pengisian daya.

Dan lithium yang terkandung di dalamnya? Daripada membiarkan rencana peluncuran globalnya terbentur oleh penundaan, kekurangan dan melonjaknya biaya yang telah mengubah industri di atas kepalanya, BYD telah membuat keputusan yang masuk akal untuk memulai proses akuisisi pada enam tambang lithium di Afrika yang kaya bahan baku. , yang menurut publikasi China The Paper akan memasok lithium yang cukup untuk 10 tahun produksi EV – atau sekitar 28 juta kendaraan listrik.

Itu bukan hanya pernyataan niat besar dari merek (yang mungkin masih memiliki beberapa pekerjaan melakukan di Eropa untuk membuat orang melupakan crossover e6 yang mahal dan tidak mengesankan dari 2012) tetapi pembentukan sumber pasokan yang stabil dan terkendali yang akan membuat iri setiap produsen EV yang berjuang untuk meningkatkan volume produksi, atau menaikkan biaya ritel untuk mengimbangi melonjak harga bahan baku.

Selain itu, karena BYD memiliki divisi khusus untuk pengembangan dan produksi chip semikonduktor, BYD ditempatkan dengan baik untuk membawa mobil ke pasar dengan cepat sambil memastikan teknologi yang terkandung di dalamnya sesegar mungkin. Jadi, pemukul Tesla?

Yah, itu masih belum memiliki produksi mobil atau baterai lokal di Eropa – dan belum membuat indikasi bahwa itu ada di kartu – sehingga saingan California-nya bisa mendapatkan keuntungan dari biaya distribusi yang lebih murah di daratan Eropa, setidaknya. Dan itu datang tepat ketika pesaing Cina, Nio, Aiways, Xpeng dan Tembok Besar – untuk beberapa nama – berjuang untuk ruang di Eropa untuk menancapkan bendera mereka sendiri ke tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *