Masalah pasokan kendaraan tidak mendekati resolusi, manajer armada memperingatkan

Manajer armada harus memperkirakan kekurangan mobil perusahaan baru akan berlanjut hingga 2023 dan seterusnya, perusahaan konsultan Arthur D Little telah memperingatkan, menambahkan bahwa gangguan yang lebih besar untuk pasokan semikonduktor masih bisa terjadi.

Pabrikan kendaraan menghadapi pemulihan yang menantang setelah pandemi Covid-19, termasuk penguncian, jarak sosial dan kombinasi kebakaran pabrik, cuaca ekstrem, dan konflik di Ukraina yang memengaruhi produksi ‘keripik’ semikonduktor kritis dan alat tenun kabel.

Dengan kapasitas terbatas, Wolf-Dieter Hoppe, mitra di Arthur D Little yang berfokus pada sektor otomotif, mengatakan produsen kendaraan memprioritaskan produk yang paling menguntungkan (biasanya model mewah) dan saluran penjualan sambil juga mengurangi diskon – sesuatu yang secara tradisional diuntungkan oleh armada. .

Di Inggris, Asosiasi Penyewaan Kendaraan Inggris (BVRLA) baru-baru ini melaporkan bank pesanan mobil perusahaan yang “menonjol” dengan waktu tunggu setidaknya 12 bulan untuk pengiriman dan tanda-tanda bahwa produsen berfokus pada pesanan eceran. Data SMMT menunjukkan armada besar mencatat 137.946 mobil lebih sedikit selama tujuh bulan pertama tahun ini daripada yang mereka lakukan pada periode yang sama pada tahun 2021 – penurunan 25,4% (menjadi 404.457 unit), dibandingkan sedikit peningkatan volume ritel.

Analisis oleh Arthur D Little menunjukkan margin penjualan kendaraan baru telah meningkat hingga 26% (untuk Hyundai-Kia) tahun ke tahun, dengan harga transaksi yang lebih tinggi juga.

Hoppe berkata: “Kami telah melihat harga rata-rata kendaraan telah meningkat lebih dari 10% selama tahun lalu [and this] adalah tren yang konsisten di seluruh merek [and] semua segmen. [Fleet managers] harus menghadapi dua masalah: satu, mendapatkan kendaraan [they] kebutuhan, dan kedua biayanya telah naik secara signifikan.”

Tidak ada solusi jangka pendek. Pabrik fabrikasi semikonduktor membutuhkan “hingga tiga tahun” untuk dibangun, konflik di Ukraina sedang berlangsung, dan meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan adalah “risiko terbesar” di masa depan, kata Hoppe. Sekitar 90% semikonduktor paling canggih (lima nanometer atau lebih kecil) dibuat di Taiwan.

Pada gilirannya, manajer armada harus beradaptasi dengan cepat, tegasnya, termasuk memperpanjang kontrak, menstandarisasi spesifikasi kendaraan dan menambahkan pabrikan dan teknologi baru – terutama listrik – untuk membuat pengemudi tetap bergerak.

Hoppe juga menyarankan pemeliharaan proaktif untuk meminimalkan waktu henti terkait kesalahan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran ulang untuk memanfaatkan nilai bekas yang kuat, dengan mencatat bahwa opsi mobilitas alternatif dapat memenuhi kebutuhan perjalanan beberapa karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *